Hubungan Lingkungan Belajar Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Meliza Yusdasari, Alben Ambarita, Muncarno Muncarno

Abstract

The purpose of this study was to find out relationship between positive and significant the environment and learning motivation towards learning outcomes. This type of research was ex-post facto correlation with 250 students. The sampling technique was probability sampling technique with 73 students as research samples. The results showed a positive and significant relationship between the learning environment and learning motivation towards the learning outcomes of fifth grade students of SD Negeri Gugus Melati Kota Agung Pusat.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi dengan populasi berjumlah 250 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dan diperoleh sebanyak 73 orang peserta didik sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Melati Kota Agung Pusat.


Kata kunci: hasil belajar, lingkungan, motivasi.

References

Andri, Rizki. 2018. Hubungan Lingkungan Belajar Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap hasil belajar tema 3 siswa kelas IV SD Negeri 1 Metro Timur tahun ajaran 2017/2018. (Skripsi). Universitas Lampung.

Arifin, Syamsul. 2016. Hubungan Antara Kondisi Lingkungan Belajar Di Sekolah Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 34, No.5. 3252- 3261.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Posedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Asvio, Nova. 2015. Hubungan Lingkungan Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar. Jurnal al-Fikrah. Vol. 3, No. 1. 95-108.

Depdiknas. 2003. Undang undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas. Jakarta.

Elisabet. 2017. Hubungan Lingkungan Belajar Sekolah denganHasil Belajar Peserta didik Kelas IV SD Negeri Kecamatan Metro Barat 2017/2018. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.

Hanifa, Feni. 2017. Hubungan Lingkungan Belajar di Sekolah dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Rajabasa Raya Kota Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. (Skripsi). Universitas Lampung.

Kurniasari, Fitri Wijayanti. 2013.Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa. OIKONOMIA. Vol. 2, No. 3. 261-266.

Malasari, Ratih Budi. 2017. Hubungan Lingkungan dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Kebidanan Berlian Nusantara Magetan. IJMS – Indonesian Journal On Medical Science. Vol. 4, No. 2. 170-176.

Nugroho, Bachtiar. 2015. Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sapen Tahun Ajaran 2015/2016. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.

Oktavia, Dita. 2016. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Sosiologi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa UNTAN. Vol. 5, No. 1. 1-14.

Pamassangan, Gideon. 2016. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edu Civic Universitas Tadulako. Vol. 2, No.1. 114.

Putri, Aulia Kurnianing. 2012. Hubungan Lingkungan Belajar di Institusi Pendidikan dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar. GASTER. Vol. 9, No.2. 26-32.

Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawali Pers.

Siswanto. 2016. Hubungan Lingkungan Sekolah, Peran Guru dalam Proses Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. EJurnal Universitas Bung Hatta. Vol. 3, No.1. 1-6.

Slameto. 2010. Belajar & Faktorfaktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfabeta.

Triana, Sisca. 2013. Hubungan Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Media Pembelajaran. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan (TIKOPENDIK). Vol. 1, No.8. 1-15.

Wulandari, Diana Tri. 2015. Ada hubungan antara persepsi terhadap lingkungan sekolah dengan motivasi belajar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wulaningsih, Anastasia Cintia. 2016. Pengaruh Motivasi, Lingkungan Dan Fasilitas Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Online Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta. Vol. 7, No. 3. 1-16.

Yuliani, Nelpa Fitri. 2013. Hubungan Antara Lingkungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Santri Di Pesantren Madinatul Ilmi Islamiyah. Spektrum PLS. Vol. 1, No.2. 48-62.

Zanita, Erlina. 2018. Pengaruh Lingkungan Belajar Sekolah Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SDNegeri 14 Bengkulu Selatan. Al-Bahtsu. Vol. 3, No. 1. 1-10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.