Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika

Tri Yulia Ningrum, M. Coesamin, Sasmiati Sasmiati

Abstract


The problem preceded in this research dealt with the low quantity of students learning outcomes in learning mathematics. This research aims to know the effect of Guided Inquiry learning model toward the students learning outcomes in learning mathematics. The researcher used quasi experimental method entailing the research design of nonequivalent group control design. The research is of this studyclass IV SD AL-Azhar Way Halim Bandarlampung which was taken using purposive sampling technique. The instruments data enlived in this research is carried out with a test. The analyzing of data used are Mann Whithey U and t.The result of the research analysis could be influence on the use of learning models of Inkuiri to grade IV Math learning outcomes of ElementarySchool AL-Azhar 2 Way Halim Bandarlampung. This is evident by a difference between the before and after using guided learning inquiry Model.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi ekperimen dengan desain nonequivalent control group design.Subyek penelitian ini adalah kelas IV SD AL-Azhar Way Halim Bandarlampung yang diambil menggunakan teknikpurposive sampling.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dengan tes. Data analisis menggunakan Uji Mann-Whithey U dan UjitHasil penelitian ni menunjukkan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD AL-Azhar 2 Way Halim Bandarlampung. Hal ini terbukti bahwa ada perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakanModel Pembelajaran Inkuiri Terbimbing .

 

Kata Kunci: :hasil belajar, inkuiri terbimbing, pembelajaran matematika, pengaruh


References


Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Suwangsih & Tiurlina. (2006). Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Penddikan Nasional. 2006. PT. Arnes Duta Jaya, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.