PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK

Mia Dwi Utami, Een Y. Haenilah, Maman Surahman

Abstract


The problem in this study was the low learning outcomes of students' mathematics. This study aims to determine the effect of using the Discovery Learning model on student learning outcomes in mathematics. The method used in this study is the pre experimental design method with one-group pretest-posttest design research design. Data analysis uses pretest and posttest data and uses simple linear regression formula. The results of the data analysis concluded that there was an influence on the use of the Discovery Learning learning model on the mathematics learning outcomes of fifth grade students of SD Negeri 1 Rawa Laut, Bandar Lampung City. This study also shows an increase in mathematics learning outcomes before and after using discovery learning, this was indicated by the average posttest value of students after using the discovery learning model higher than the average pretest value of students before using the learning model discovery learning.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar matematika peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre experimental design dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Data analisis menggunakan data pretest dan posttest serta menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 1 Rawa Laut Kota Bandar Lampung. Penelitian ini juga menunjukkan kenaikan hasil belajar matematika sebelum dan setelah menggunakan pembelajaran discovery learning, hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai posttest peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih tinggi dibandingkan rata-rata nilai pretest peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran discovery learning.


Kata kunci: discovery learning, hasil belajar, matematika


 


References


A.M Sudirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo Indonesia.

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Budiningsih, Asri. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakaya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.