Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar

Fadjrin Fadjrin, Nelly Astuti, Rapani Rapani

Abstract


This study aims were to analyze and to find out the positive and significant influence of the cooperative learning model of examples non examples types on student learning outcomes. This type of research was an experiment with a non equivalent control group design. The population of this research were 59 fifth grade students at SD Negeri 1 Metro Utara. The determination of research samples used saturate samples, where all members of the population were used as samples. The data collection techniques was done by non-test techniques and test techniques. The results of hypothesis accepted, there was a positive and significant effect on the application of cooperative learning of examples non examples type on student learning outcomes.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh positif dan signifikan pada model cooperative learning tipe examples non examples terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Metro Utara yang berjumlah 59 orang peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik non tes dan teknik tes. Hasil pengujian hipotesis diterima, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe examples non examples terhadap hasil belajar peserta didik.

 

Kata kunci: cooperative learning, hasil belajar, peserta didik.


References


Aisah, S. (2017). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Example Nonexample Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Attadib Journal of Elementary Education, Vol. 1(2). 21-48. Diakses pada tanggal 5 Desember 2019 puku 11.47 WIB.

Antika, D. (2013). Cooperative Learning Tipe Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar (Skripsi).Universitas Lampung.

Aqib, Z. (2010). Penelitian Tindakan Kelas untuk SD, SLB, TK. Bandung: Yrama Widya.

Gillies, R. M. (2014). Cooperative Learning: Developments in Research. IJEP, Vol. 3 No. 2. 125-140. Diakses pada tanggal 15 Januari 2020 pukul 07.45 WIB.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. PT. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Muncarno. (2016). Statistik Pendidikan. Lampung: Artha-warna (Hamim Group).

Rhida, N. (2017). Proses Penelitian Masalah Variabel dan Paradigma Penelitian (Jurnal) Diakses melalui http://jurnalhikmah.staisumatera-medan.ac.id pada tanggal 13 Januari 2013 pukul 07.11 WIB.

Sarwati. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SDN 003 Beringin Teluk Kcamatan Kuantan Tengah (Jurnal) Diakses melalui https://www.researchgate.net/publication/331754109 pada tanggal 5 Desember 2019 pukul 11.54 WIB.

Septaningsih. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa SD (Jurnal). Diakses melalui http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/downloadSuppFile/16355/2691 pada tanggal 3 Januari 2020 pukul 21.28 WIB.

Setiawan, D. (2014). PengaruhModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD (Jurnal). Diakses melalui http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5706 pada tanggal 3 Januari 2020 pukul 21.32 WIB.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Banding: Alfabeta.

Sukarman, S. (2019). Comparative study of learning models example-non-example and picture-and-picture on natural science subjects. Journal of Physics: Conf. Series 1157 (2019) 022006. Diakses pada tanggal 15 Januari 2020 pukul 07.55 WIB.

Suryani, E. (2018). Pengaruh Model Example Non Example terhadap Hasil Belajar pada Materi Sumber Daya Alam di SD. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar - Vol. 5, No. 1 (2018). 100- 108.

Tim Penyusun. (2003). Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas. Jakarta.

Tim Penyusun. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 32 Tahun 2013 Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.