Pengaruh Model Active Learning dengan Media Flash Card terhadap Hasil Belajar Tematik

Selvia Agustina, Alben Ambarita, A. Sudirman

Abstract


The purpose of the research was to know the significant effects on the application of the active learning model with flash card to the learning outcomes in grade II SD Negeri 10 East Metro. This type of research is experimental research. The research design used was non-equivalent control group design. The study population amounted to 45 students in grade II SD Negeri 10 East Metro. The research sample was determined using purposive sampling with a total of 22 students. The technique of data collection is done by test and non-test techniques. The results showed that there were significant influences on the application of the active learning model with flash card to learning outcomes with n-gain 0.60 included in the medium category indicated by hypothesis testing using the pooled variance t-test formula obtained by data tcount = 2.530> t table = 2.021 ( with α = 0.05).


Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model active learning dengan media flash card terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas II SD Negeri 10 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 45 orang peserta didik kelas II SD Negeri 10 Metro Timur. Sampel penelitian ini ditentukan menggunakan purposive sampling  dengan jumlah 22 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model active learning dengan media flash card terhadap hasil belajar tematik dengan n-gain 0,60 termasuk dalam kategori Sedang ditunjukkan dengan pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians diperoleh data  thitung =2,530 > ttabel = 2,021 (dengan α = 0,05).
 
Kata kunci: active learning, flash card, hasil belajar tematik.


References


Addin, B. H. (2016). Pengaruh Model Active Learning Berbantuan Media Flash Card terhadap Hasil Belajar Siswa Kleas IV SD Negeri 1 Ungaran. Jurnal Pedagogik. Vol. 1 No. 2. 213-226.

Agviola, D. & Naniek S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tematik melalui Problem Based Learning siswa kelas 2 SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan. Vol. 2 No. 1. 234242.

Baharun, H. (2015). Penerapan Pembelajaran Active Learning untuk meningkatkan hasil belajar Siswa di Madrasah. Jurnal Pendidikan Pedagogik. Vol. 01 No. 01. 1-715.

Gunawan, A. (2014). Pengaruh Pembelajaran Active Learning terhadap Hasil Belajar IPA Materi Energi dan Penggunaanya Siswa Kelas IV SD Bakti Mulya 400 Jakarta Selatan. Jurnal Pendidikan Pedagogi. Vol. 1. No. 2. 207-221.

Iswandari, N. (2014). Pengaruh Penerapan Model Active Learning pada Hasil Belajar SD N 1 Sewon. Jurnal Pendidikan Pedagogi. Vol. 1 No. 2. 124-156.

Kristiyani, I. (2015). Skripsi: Pengaruh Model Active Learning terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Gedongkiwo Yogyakarta. Jurnal Pedagogi. Vol. 1 No. 1. 125-137.

Sisdiknas. (2013). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Machmudah, & Rosyidi. (2016). Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Sukses Offset.

Magfiroh, L. (2015). Penggunaan Media Fash Card untuk Meningkatkan Hasil Tematik Siswa Kelas III SDN Denanyar II Jombang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Vol.01 No 02. 0216.

Masdiana, B., dan Hendrik. (2013). Penerapan Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pada Lingkungan Siswa Kelas 1 SDN 081 Letawa Kecamatan Sarjo Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 3 No. 2. 2354-614.

Ningrum, S. (2015). Implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar. Jurnal pendidikan. Vol. 24. No. 5. 416-423.

Noor, M. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Active Learning terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa kelas 1 SD Negeri 1 Ciomas. Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan. Vol. 1. No. 2. 167175.

Sundari, H. (2015). Model-model Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga. Vol.1 No. 2. 274-277.

Tafonao, T. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol.2 No. 2. 25491725.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.