Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Aktivitas Belajar Peserta Didik
Abstract
The problem of this research was the lack of learning activities of fifth grade students. The purpose of this researchis to find out the correlation between achievement motivation and learning activities of studens. The type of this research is quantitative with correlation approach. The population of this research are all of fifth grade students in gugus 2 Mawar, Pagelaran, Pringsewu and the sample are 122 respondents used probability sampling. The data collected by using quisioners and observation method. The data analyze was used product moment correlation. This research shows that there is positive correlation between achievement motivation and learning activities of fifth grade students in Gugus 2 Mawar.
Masalah dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas belajar peserta didik yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dengan aktivitas belajar peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN yang berada pada satu gugus 2 Mawar di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu yang diambil menggunakan probability sampling yakni berjumlah 122 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan observasi. Sedangkan analisis uji hipotesis menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara motivasi berprestasi dengan aktivitas belajar peserta didik kelas V SDN Gugus 2 Mawar.
Kata kunci: motivasi berprestasi, aktivitas belajar
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adibah, P. (2011). Hubungan antara Motivasi Berprestasi dengan Fear Of Successpada Wanita Bekerja Dewasa Muda.Universitas Guna Darma. Jurnal Psikologi Vol 5. No 1.
Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No.20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Jakarta.
Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia.
Latief, S., & Dini J. (2013). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Persepsi Siswa Tentang Cara Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4. No 2.
Nana S. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Nuraini, et al. (2018). Hubungan Antara Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan. Vol 6. No 1.
Rachman, et al. (2017). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Universitas Papua, Prosiding Seminar Nasional. Vol 3. No 1.
Rudy, F. (2011). Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Kesiapan Belajar, Pelaksanaan Prakerin Dan Pencapaian Kompetensi Mata Pelajaran Produktif. Invotec. Vol 7. No 2.
Siagian, S. (2004). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.