Hubungan Minat Baca dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Tematik

I Putu Setiawan, Yulina H., Muncarno Muncarno

Abstract


This is ex-post facto correlation research. The population of this study was 71 students and the study sample used saturated samples. The research data collection techniques used non-test techniques consisting of observation, questionnaires, documentation studies and a combination of the three. Data collection instruments are the form of a questionnaire with a Likert scale, which was previously tested for validity and reliability. Data analysis uses product moment correlation and multiple correlation. Based on the analysis of the results of the study it can be concluded that there is a positive and significant relationship between reading interest and learning motivation with learning outcomes indicated by the correlation coefficient of 0.592 being at the level of "strong enough".

Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 71 peserta didik dan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh berjumlah 71 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes yang terdiri dari observasi, kuesioner, studi dokumentasi dan gabungan ketiganya. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation. Berdasarkan analisis yang dilakukan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dan motivasi belajar dengan hasil belajar ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,592 berada pada taraf  “cukup kuat”.

Kata kunci: minat baca, motivasi belajar, hasil belajar tematik.

References


Angraeni, Fajar Yulia. 2017. Peranan Perpustakan Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa SDN Ngluyu Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Pendidikan

Astuti, Arin. 2012.Hubungan Kemampuan Berkomunikasi Guru dengan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Sokonandi, Umbulharjo, Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. (Skripsi). http://eprints.uny.ac.id. Diakses pada 28 Desember 2018 pukul 07.16.

Fadilla, Intan 2015. Hubungan persepsi siswa atas kemampuan Komunikasi guru matematika sebagai salah satu kompetensi paedagogik tehadap motivasi belajar siswa SD Negri Se-Kota Sungai Penuh 2015/2016. Jurnal PGSDIndonesia.

Mardianto. 2012. Pembelajaran Tematik. Medan: Perdana Publishing.

Marlina, Leni. 2017. Hubungan Minat Baca dengan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SD 10 Pekanbaru. Universitas Riau. Pekbis Jurnal Vol 9 No 1.

Sisdiknas. 2003. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Solikha, Indarti. 2016. Hubungan Minat Baca dengan Hasil Belajar Bahsa Indonesia Siswa Kelas V SDN Gugus Dipayuda Kecamatan Banjaernegara Kabupaten Banjar Negara. Universitas Negeri Semarang. Jurnal Pendidikan.

Sucia, Vianessa. 2016. Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Komuniti. Vol. 8, No.2. 112-126.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.

Triatma, Ilham Nur. 2016. Minat Baca pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Prodi Teknologi Pebdidikan Vol. V Nomor 6.

Trisna Lydia Fadilla, et al. 2015. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas V SD Gugus 2 Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru Tahun 2015/2016. Jurnal PGSD Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.