Hubungan Kedisiplinan dan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Peserta Didik

Safela Nurwijayanti, Rapani Rapani, Nelly Astuti

Abstract


The purpose of this research was to determine a significant relationship between discipline and parental attention with learning outcomes. The type of research was ex-post facto correlation. The population in this study amounted 86 grade fifth students. Sampling technique through saturated samples. The technique of collecting data used observation, interviews, questionnaires, and documentation studies. Hypothesis testing used pearson product moment correlation analysis and multiple correlation. The results of this research indicate that there were significant relationship between discipline and parental attention with learning outcomes with high criteria.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan kedisiplinan dan perhatian orang tuadengan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah ex-postfacto korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 86 peserta didik kelas V. Teknik pengambilan sampel melalui sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi pearson product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan kedisiplinan dan perhatian orang tua dengan hasil belajar dengan kriteria tinggi.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Kedisiplinan, Perhatian Orang Tua.

References


Alimaun, Imam. 2015. Pengaruh Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar se-Daerah Binaan R. A. Kartini Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo. (Skripsi). Universitas Negeri Semarang.

Budiyono. 2012. Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar. (Skripsi). Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga.

Daryanto. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Ehiena, Stanley. 2014. Disciple and Academic Performance. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development. Vol. 3, No. 1. 2248-2251.

Elly, Rosma. 2016. Hubungan Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar. Vol. 3, No. 4. 43-53.

Hidayat, Syarif. 2013. Pengaruh Kerjasama Orang Tua dan Guru terhadap Disiplin Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Jagakarsa. Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Widya. Vol. 1, No. 2. 92-99.

Joan E, Grusec. 2017. Perspectives on Parent Discipline and Child Outcomes. International Journal of Behavioral Development. Vol. 41, No. 1. 1177-1189.

Kordi, Abdorreza. 2010. Parenting Attitude and Style and Its Effect on Children’s School Achievements. International Journal of Psychological Studie. Vol. 2, No. 2. 217-222.

Larzelere, Robert E. 2017. Children and Parent's Deserve Better Parental Discipline Research Critiquing the Evidence for Exclusively Positive Parenting. Marriage & Family Review. Vol. 53, No. 1. 24-35.

Rini, Eka Sulistyo. 2015. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) Vol. 9, No. 2. 1131-1149.

Rismawati, Kartika. 2015. Pengaruh Perhatian Orang Tua dalam Kegiatan Belajar terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar di Daerah Binaan III Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan 2014/2015. (Skripsi). Universitas Negeri Semarang.

Sisdiknas. 2011. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika.

Siska, Venni. 2018. Peran Orang Tua dalam Proses Belajar. Sekolah Dasar Sukma Bangsa Lhokseumawe. Diakses dalam: http://www.lampost.co/berita-peran-orang-tua-dalam-proses-belajar.html

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sulistyanto, Doni Fitrian. 2016. Pengaruh Kedisiplinan dan Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar se-Dabin I Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo. (Skripsi). Universitas Negeri Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.