PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar kelas V. Metode yang digunakan penelitian adalah quasi eksperimen desain dengan tipe one group pre-test dan post-test. Populasi penelitian dalam ini adalah 53 peserta didik. Teknik pengambilan menggunakan non probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non-tes. Data dianalis menggunakan uji-t dan regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhdap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 3 Langkapura Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019.
Kata kunci : discovery learning, hasil belajar, pembelajaran tematik.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Hosnan. 2014. Pendekatan Sainstifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kurniasih, Imas. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.
Markaban. 2009. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Yogyakarta: PPPGM.
Mulyasa. 2015. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor–faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Pena Media Group.
Wahyudi, et al. 2015. Pengaruh Pendekatan Sainstifik melalui model Discovery Learning dengan Permainan terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Jurnal pendidikan dan kebudayaan. 5 : 12-20.
Warista, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.