PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK

Lia Puspita, Herpratiwi Herpratiwi, Loliyana Loliyana

Abstract

The problem of this research was the lack of thematic learning result of fifth grade students. The purpose of this research was to find out the effect of discovery learning models on thematic  learning result of fifth grade students. The method was used quasi-experimental design with type of one group pre-test and post-test. The population are amount 53 students. The technique was used non probability sampling. Data collection techniques was used tests and non-tests. Data were analyzed used  t-test and simple linear regression. Based on data analysis, it can be concluded that there is an effect of discovery learning models on thematic learning result of fifth grade students at SD Negeri 3 Langkapura  Bandar  Lampung in Academic Year 2018/2019.

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik  peserta didik kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar kelas V. Metode yang digunakan penelitian adalah quasi eksperimen desain dengan tipe one group pre-test dan post-test. Populasi penelitian dalam ini adalah 53 peserta didik. Teknik pengambilan menggunakan non probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non-tes. Data dianalis menggunakan uji-t dan regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhdap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 3 Langkapura Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019.

Kata kunci : discovery learning, hasil belajar, pembelajaran tematik.

References

Hosnan. 2014. Pendekatan Sainstifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kurniasih, Imas. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Markaban. 2009. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Yogyakarta: PPPGM.

Mulyasa. 2015. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor–faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Pena Media Group.

Wahyudi, et al. 2015. Pengaruh Pendekatan Sainstifik melalui model Discovery Learning dengan Permainan terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Jurnal pendidikan dan kebudayaan. 5 : 12-20.

Warista, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.