PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR

Aprilya Sulistiya Ningrum, Erni Erni, Sugiman Sugiman

Abstract


The problem of this research is the learning results of the students are still in the low level. The purpose of this study was to find out the effect and the differences of cooperative learning model type STAD towards learning result in fifth grade students of SD Negeri 1 Rajabasa Raya. The research was nonequivalent control group design. This study used purposive sampling with the research subject of 60 fifth grade students as the respondents. The data collecting method was test, observasion, and documentasion. The data analysis was done by using t test and simple regression linear test. The result of this research showed that there was an effect of cooperative learning model type STAD towards learning result and there are differences in learning result of fifth grade students of SD Negeri 1 Rajabasa Raya by applying cooperative learning model type STAD.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan penerapan model pembelajaran koopertatif tipe STAD terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Rajabasa. Metode penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V sebanyak 60 peserta didik dan teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive sample. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji t dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar peserta didik dan terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya dengan menerapkan model pembelajaran koopertatif tipe STAD.

Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran, STAD.

References


Andianis. 2014. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2 : 1-14.

Majid, Abdul. 2016. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasaruddin. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IV SDN 10/73 Arallae Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Jurnal Publikasi Pendidikan. 5 : 247-251.

Pradnyo, Wijayanti. 2002. Pembelajaran Kooperatif STAD. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajajaran Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shoimin, A. 2016. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, Nana. 2011. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sukerti, Ni Nyoman, A.A.I Ngurah Marhaeni dan Ni Ketut Suarni. 2014. Pengaruh Pembelajaran Tematik Terpadu melalui Pendekatan Saintifik terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tibubeneng Kuta Utara. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 4 : 1-9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.