PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan penerapan model pembelajaran koopertatif tipe STAD terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Rajabasa. Metode penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V sebanyak 60 peserta didik dan teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive sample. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji t dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar peserta didik dan terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya dengan menerapkan model pembelajaran koopertatif tipe STAD.
Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran, STAD.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andianis. 2014. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2 : 1-14.
Majid, Abdul. 2016. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasaruddin. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IV SDN 10/73 Arallae Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Jurnal Publikasi Pendidikan. 5 : 247-251.
Pradnyo, Wijayanti. 2002. Pembelajaran Kooperatif STAD. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajajaran Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Shoimin, A. 2016. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudjana, Nana. 2011. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sukerti, Ni Nyoman, A.A.I Ngurah Marhaeni dan Ni Ketut Suarni. 2014. Pengaruh Pembelajaran Tematik Terpadu melalui Pendekatan Saintifik terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tibubeneng Kuta Utara. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 4 : 1-9.
Refbacks
- There are currently no refbacks.