Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Dwi Novita Sari, Darsono Darsono, Muncarno Muncarno

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of the use of cooperative learning model group investigation on the learning outcomes of fifth grade students of SD Negeri 1 FajarAsri. This type of research is an experiment with a quantitative approach. The quasi-experimental research design method is nonequivalent control group design. Techniques for collecting data are non-test techniques (interviews, observation, documentation) and test techniques.The results showed an increase in the average value from pretest to posttest in the experimental class. The total percentage of the experimental class has increased. Based on hypothesis testing using independent sample t-test formula, it can be concluded that there is a positive and significant influence of cooperative learning type group investigation of learning results of fifth grade students at SD Negeri 1 Fajar Asri.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe group investigation terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 FajarAsri. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian quasi eksperimen design dengan desain non-equivalent control group design. Tehnik pengumpulan data dengan tehnik non tes (wawancara, observasi, dokumentasi) dan tehnik tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari pretest ke posttest pada kelas eksperimen.  Persentase ketuntasan kelas eksperimen mengalami peningkatan. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus independent sampel t-test diperoleh hasil terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model cooperative learning tipe group investigation terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 FajarAsri
 
Kata kunci: Hasil belajar, Model cooperative learning.


References


Ariadi. 2014. Pengaruh Model Cooperative Learning tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD di Desa Belega Kabupaten Gianyar. Jurnal Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Bali. 2: 25-27.

Hajar, Ibnu. 2013. Kurikulum Pembelajaran Tematik. Jakarta: Diva Press.

Majid, Absul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun. 2013. Undang-undang Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika.

Rusman. 2016. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Rajawali Pres.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sutrini. 2014. Pengaruh Model Cooprative Learning Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V SD di Gugus 7 Tianyar. Jurnal Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesa Singaraja Bali. 2: 25-27.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.

Tim Penyusun. 2013. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sinar Grafika: Jakarta.

Maesaroh. 2015. Efektivitas Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.