Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada pembelajaran temati kkelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe group investigation terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V. Metode yang digunakan adalah quasi experimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V. Sampel penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik sampel menggunakan purposive sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh dalam penggunaan model cooperative learning tipe group investigation terhadap hasil belajar.
Kata Kunci: group investigation, hasil belajar, pembelajaran tematik
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aini. 2014. Melalui Pendeketan Saintifik Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Pada Subtema Manusia dan Peristiwa Alam Kelas V SD Negeri 1 Banyusri. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 4 : 1-14.
Ariadi, Putu. 2014. Pengaruh Model Pembelajara GI Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV. Jurnal Ilmiah Pendidikan. 3 : 1-10.
Budi, Arga Asmara. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam. Jurnal Ilmiah Pendidikan. 3 : 168-172.
Esti, Media Tanza. 2017 Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. (Skripsi). Lampung: Universitas Lampung.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.
Rustina. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugus II Tampaksiring. Jurnal Pendidikan. 2 : 1-12.
Sangadji. 2010. Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Sumarmi. 2012. Model – model Pembelajaran Geografi. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sutrini, Ni Nengah. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus 7 Tianyar. Jurnal Pendidikan. 2 : 1-12.
Suyitno, Amin. 2006. Pemilihan Model - model Pembelajaran dan Penerapannya. Semarang: FMIPA UNNES.
Refbacks
- There are currently no refbacks.