PENGARUH SIKAP SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING

Titi Khullidianita, Rochmiyati Rochmiyati, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract


The problem of this research is the low learning result of students. The purpose of this study was to know the effect of social attitude toward learning result in second grade through project based learning model. The research was pre-experimental design with one-shot case study and used regression linear test as the data analysis. The sample of this research is second grade students of SD Negeri 1 Gedong Air are 22 students that  was taken with purposive sampling technique. The data collecting method was observation. The result of this research showed that there are effect of social attitude to learning result, there are effect of project based learning model to learning result, and that there are effect between of social attitude and project based learning model toward learning result in second grade of SD N 1 Gedong Air.

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap sosial terhadap hasil belajar pada kelas II melalui model project based learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan desain penelitian one-shot case study dengan menggunakan analisis regresi. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IIA SD Negeri 1 Gedong Air berjumlah 22 peserta didik diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh sikap sosial terhadap hasil belajar, ada pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar, ada pengaruh sikap sosial dan model project based learning secara bersama-sama terhadap hasil belajar pada kelas II SD Negeri 1Gedong Air.

Kata kunci: hasil belajar, model project based learning, sikap sosial.

References


Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013): Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Ed. Rev. Jakarta: Rajawali Pers.

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Sari, M 2016.Pengaruh Sikap Sosial dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Kelas Tinggi SDN 4 Monggot.Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tersedia di: http://eprints.ums.ac.id/42705/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf. [diakses pada 6 Februari 2019].

Sutirman. 2013. Media dan Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widiastuti, I. 2016. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas IV SD. Universitas Tanjung Pura Pontianak. Tersedia di: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16752 [diakses pada 17 Februari 2019].

Virani, et al. 2016.Deskripsi Sikap Sosial Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Panarukan Kecamatan Buleleng. Universitas Pendidikan Ganesha.

Tersedia di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/7699/5251. [diakses pada 12 Desember 2018].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.