PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

Rifka Humaida, Rochmiyati Rochmiyati, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract


The problem of this research is the low creative thinking activity of fifth grade students of SD Negeri 1 Gedong Air. The purpose of this study was to know the effect of discovery learning towards students creative thinking activity in fifth grade of SD Negeri 1 Gedong Air. The research was pre-experimental design with one-shot case study. The data collecting method was observation, the instrument was observation sheets as assessment. The sample of this research is fifth grade students of SD Negeri 1 Gedong Air are 48 students and 24 students of fifth grade was taken with purposive sampling technique. The data analysis used simple regression linear test with the conclusion that there are relation of discovery learning model with creative thinking activity of fifth grade students of SD Negeri 1 Gedong Air.

Masalah dalam penelitian ini adalah aktivitas berpikir kreatif peserta didik kelas V SD Negeri 1 Gedong Air yang masih rendah. Tujuan penlitian ini untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap aktivitas berpikir kreatif peserta didik kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan desain penelitian one-shot case study. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dengan instrumen penelitian menggunakan lembar observasi berupa rubrik observasi. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Gedong Air populasi berjumlah 48 peserta didik dan 24 peserta didik diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model discovery learning terhadap aktivitas berpikir kreatif peserta didik kelas V SD Negeri 1 Gedong Air.


Kata kunci: aktivitas berpikir kreatif, model discovery learning.

References


Azhari, Somakim. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banyuasin III. Tersedia di https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/992.

Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kurniasih, Imas. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Markaban. 2009. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Yogyakarta: PPPGM.

Nurjanah, Dede Siti. 2017. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa MTS. Tersedia di http://ejournal.Unsub.ac.id./index.php/fkip/article/download/9/8.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Arus Media.

Suprijono, Agus. 2016. Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tumurun dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Tersedia di http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/2936.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.