Pengaruh Aktivitas Literasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Devi Ratna Yanti, Rochmiyati Rochmiyati, Loliyana Loliyana

Abstract


The problem of this research is the lack of understanding of literacy activities resulting in the low learning outcomes fifth grade students. The research aims to determine the impact of literacy activities on fifth grade learning outcomes. Used research is pre-experimental design with type one group pre-test and post-test. The study population of all students of the fifth grade is 29 learners. The research sample is fifth grade students as an experimental class of 29 learners. The retrieval technique uses non probability sampling. Data collection techniques using tests and non-tests. Data analysis uses simple linear regression and N-Gain. Based on data analysis, there is a conclusion that there is an influence and increase in the implementation of literacy activities on the outcome of student learning outcomes of fifth grade students.

Masalah penelitian ini adalah kurangnya pemahaman aktivitas literasi yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas literasi terhadap hasil belajar kelas V. Metode yang digunakan penelitian adalah pre-experimental design dengan tipe one group pre-test dan post-test. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas V sebanyak 29 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah kelas V sebagai kelas eksperimen sebanyak 29 peserta didik. Teknik pengambilan menggunakan non probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non-tes. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan n-gain. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh dan peningkatan dalam penerapan aktivitas literasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas V.

Kata kunci: aktivitas literasi, hasil belajar

References


Amalina, Fina Noor. 2017. Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (Reading Groups) sebagai Program Penunjang Kurikulum terhadap Peningkatan Kompetensi Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa di SDIT Luqman Hakim Internasional Yogyakarta. (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Amy Benjamin & Michael Hugelmayer. 2013. Big Skills for the Common Core Literacy Strategies for the 6-12 Classroom.New York London: An Eye On Education Book.

Arista Sari, Ni Putu, dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Literasi Sebagai Budaya Sekolah Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V Gugus Pangeran Diponegoro. E-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD. 5 : 1-10.

Avikasari,dkk. 2018. Keefektifan Penggunaan Bahan Ajar Science Literacy Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar. Jurnal Kependidikan. 2 : 221-234.

Azimi, dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Literasi Sains untuk Siswa Sekolah Dasar. Pancasakti Science Education Journal. 2: 145-157.

Faradina, Nindya. 2017. Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa di Sd Islam Terpadu Muhammadiyah An-najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya. 6 : 60-69.

Hapsari, dkk. 2017. Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi. 44 : 177-184.

Husamah, dkk. 2018. Belajar & Pembelajaran. Malang: UMMpress.

Ibadullah dkk. 2017. Pembelajaran literasi berbasis sastra lokal. Jawa Timur: A E Media Gravika.

Nursolihat, dkk. 2017. Peranan Media Komik Terhadap Literasi Sains Siswa SD Kelas V Pada Materi Daur Air (Penelitian Pre-Experimental Terhadap Siswa Kelas V SD Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang). Jurnal Pena Ilmiah. 2 : 711-720.

Puspitasari, Esthi Prasetyaning. 2015. Hubungan Kemampuan Literasi dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN Bunulrejo 3 Kota Malang. (Skripsi). Malang: Universitas Negeri Malang.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Setyasih, dkk. 2019. Efforts to Increase Scientific Literacy and Thinking Process by Higher Order Thinking Skills. Journal of Primary Education. 8 : 144-151.

Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Subadriyah, dkk. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Literasi Dalam Peningkatan Membaca Kalimat Dengan Aksara Jawa Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kenoyojayan Tahun Ajaran 2012/2013. (Skripsi). FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret.

Sudarsana,Undang dan Bastiano. 2010. Pembinaan Minat Baca. Jakarta. Universitas Negeri Terbuka.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Sukma, M. C., & Ibrahim, M. (2016). Eveloping materials for active learning of guided inquiry-integrated bowling campus on the topic of sense of hearing and sonar system of living organism. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 5 : 256-260.

Sulaiman. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Big Book Dalam Pembelajaran Terhadap Keterampilan Literasi Siswa Kelas Awal Madrasah Ibtidayah Negeri Banta-Bantaeng Makasar. Jurnal al-Kalam IX : 193-204.

Suyono, dkk. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Implementasi Pembelajaran & Pendidikan Sekolah Dasar. 26 : 116-123.

Toharudin, U., Hendrawati, S., Rustaman, A..(2011). Membangun literasi sains peserta didik. Bandung: Humaniora.

Widodo, Widayanti Lusi. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIa Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia. XVII : 32-35.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.