Peran Kepala Sekolah Dalam Manajemen Sarana dan Prasarana

Yohana Agustien, Riswanti Rini, Sugiman Sugiman

Abstract

The research goal is to describe what Headmaster job in managing school’s facilities and infrastructure. Using descriptive qualitative research method, the main resource of information is collected from six interviewees. The technique of collecting the information is using interview, observation and documentation. Main focus of this research is headmaster’s way on how to manage school’s facilities and infrastructure. The data validity is analyzed by using triangulation method. The result of research is : a. Arrange on planning of procurement, b. Briefing and supervise distribution, c. organize maintenace activities, d. supervise management. Obstacle factor is limitations of source of funds and human resources.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam manajemen sarana dan prasarana. Metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah 6 orang narasumber. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah peran kepala sekolah dalam manajemen sarana dan prasarana. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut, Peranan kepala sekolah yaitu: (1) Menyusun Perencanaan. (2) Mengadakan pengadaan. (3) Memberikan pengarahan dan mengawasi penyaluran. (4). Mengatur kegiatan pemeliharaan. (5) Mengawasi pengelolaan (6) Faktor penghambat adalah keterbatasan pada sumber dana dan sumber daya manusia.


Kata kunci: kepala sekolah, manajemen, peran, sarana dan prasarana

References

Akert. 2012. The Role of Teacher Leaders in School Improvement Through The Perceptions of Principals and Teachers. College of Education University of Central Mirsouri, United States:Journal of Educational Research and Evaluation. 2:1-4.

Arsyad. 2002. Pokok-Pokok Manajemen Pengelolaan Praktis Bagi Pimpinan dan Eksekutif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bafadal. 2003. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Barnawi. 2012. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ruzz Media.

Bogdan. 2012. Prosedur Penelitian Pendekata Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Fardiyono. 2013. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di Sekolah Dasar Kanisius Eskperimental (SDKE) Mangunan. Yogyakarta.

Istiqomah. 2017. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan SD Muhammadiyah 07 Randudongkal Sebagai Sekolah Bermutu dan Unggul.

Kartikasari. 2014. Manajemen Sarana dan Prasarana Pembelajaran di SD Tumbuh.

Purwanto. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rego. 2017. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Sarana Prasarana Terhadap Kinerja Guru.

Saroni. 2006. Manajemen Sekolah: Kiat Menjadi Pendidik yang Kompeten. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Setianingsih. 2015. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah di SD Negeri Prawirataman Yogyakarta.

Nurzazin. 2011. Gerakan Menata Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Terry. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Kencana.

Williams. 2009. Evaluation of A School System’s Plan To Utilize Teacher’s Perceptions of Principals Leadership to Improve Student Achievement. Journal of Educational Research and Evaluation. 1: 106-112.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.