Pengaruh Metode Fun Learning pada Pembelajaran Gamolan terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode fun learning terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yaitu pre-experimental design dan menggunakan salah satu bentuk desainnya yaitu one group pretest-posttest design. Populasi berjumlah 114 orang peserta didik dan sampel berjumlah 54 peserta didik. Instrumen pengumpul data berupa lembar observasi aktivitas dan tes berupa soal. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan metode fun learning pada pembelajaran Gamolan terhadap hasil belajar peserta didik dengan koefisien determinasi 62,77%.
Kata kunci: fun, gamolan, hasil belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afritayani, Zulkifli, Hamizi. 2015. Penerapan Model Fun Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IA SD Negeri 76 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Vol. 3, No. 1.
Darmansyah. 2011. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasyimkan. 2018. POLA GANDA (Program Pelatihan Gamolan Anak Daerah) sebagai Upaya Terwujudnya Generasi Berwawasan Budaya di SDN 2 Sulusuban Lampung Tengah. Jurnal Warna. Vol. 02. No. 1.
Layyinah, Leni. 2017. Menciptakan Pembelajaran Fun Learning Based On Scientific Approach dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik pada Pembelajaran PAI. Jurnal Tarbawy. Vol. 4. No. 1.
Muhaemin. 2011. Pengaruh Penggunaan Metode “Fun Teaching” terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Tarbiya. Vol. 3, No. 2.
Nirbita, Pratiwi, Ediyono. 2017. Fun Learning sebagai Solusi dalam Penerapan Full Day School pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Sosialitas. Vol. 8, No. 1.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sulita, Nurharmi, Hendrizal. 2014. Penerapan Metode Fun Learning pada Pembelajaran PKn untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 20 Kumanis Kabupaten Sijunjung. E-Jurnal Universitas Bung Hatta. Vol. 2, No. 1.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Syahrul, Syamsiar. 2015. Penerapan Metode Fun Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tompobulu Kabupaten Gowa. Jurnal Konfiks. Vol. 3, No. 1.
Tejapermana. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Musik melalui Pemanfaatan Gamolan Lampung untuk Siswa SD di Bandar Lampung. Jurnal Terampil. Vol. 5. No. 2.
Trihasnanto, Anton. 2016. Eksistensi Gamolan di Masyarakat Kota Bandar Lampung Melalui Internalisasi Dan Sosialisasi. Jurnal Terampil. Vol. 3. No. 2.
Yulinda. 2017. Penerapan Metode Fun Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Kelas I B SDN 017 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Jurnal Educhild. Vol. 6. No. 2.
Refbacks
- There are currently no refbacks.