Pengaruh Pelatihan Gamolan Anak Daerah Terhadap Bakat Peserta Didik

Arum Sage Cani, Supriyadi Supriyadi, Hasyimkan Hasyimkan

Abstract


This study aims to determine the effect of Gamolan Anak Daerah training on students' talents of Sulusuban Elementary School 2nd. The type of this research was experimental research. The research design used one group pretest-posttest design. The study sample was determined using a quota sample with 54 students from a population of 114 students. The research instrument used in the form of test questions and non-test questions. The data analysis technique used the one tail t-test statistical test. The results showed that there were a positive and significant influence on the implementation of Gamolan Anak Daerah training on the talents of students with N-gain 0.63 included in the medium category and tcount 2.859> ttable 1.671 (with α = 0.05).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan Gamolan anak daerah terhadap bakat peserta didik SD Negeri 2 Sulusuban. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Design penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ditentukan menggunakan sampel kuota dengan jumlah 54 orang peserta didik dari populasi yang berjumlah 114 orang peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik one tail t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan pada pelaksanaan pelatihan Gamolan anak daerah terhadap bakat peserta didik dengan N-gain sebesar 0,63 termasuk dalam kategori sedang dan thitung 2,859 > ttabel 1,671 (dengan α = 0,05).

Kata kunci: bakat, Gamolan, pelatihan.

References


Cropley, Arthur J. 2010. Defining and Measuring Creativity: Are Creativity Tests Worth Using?. Roeper Review. Vol. 23, No. 2. 72-79.

Dewi, Ratna Sari. 2017. Proses Pembuatan dan Teknik Permainan Gamolan pada Komunitas Gamolan Institute Lampung. Jurnal Pendidikan Seni Musik UNY. Vol. 6, No. 2. 128-133.

Departemen Pendidikan Nasional. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia Cetakan ke delapan Belas Edisi IV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hasyimkan. 2011. Gamolan: Instrumen Musik Tradisional Lampung Bentuk, Fungsi dan Perkembangannya [Tesis]. Yogyakarta (ID): Universitas Gadjah Mada.

Hasyimkan, Endah Cahyani, Arum Sage Cani, Decgrist Pratiwi, Ilham Sanjaya, Lufia Nuzulika. 2018. POLA GANDA (Program Pelatihan Gamolan Anak Daerah) sebagai upaya terwujudnya generasi berwawasan budaya di SD Negeri 2 Sulusuban. Jurnal Warna. Vol. 2, No. 1. 88-96.

Latief, Hilman, Dede Rohmat, Epon Ningrum. 2014. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar. Jurnal Gea. Vol. 14, No. 1. 11-27.

Mar’atikurrohmah. 2016. Pengembangan Bakat Seni Musik Siswa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MI Ma’arif NU Teluk Kec. Purwokerto Selatan Kab. Banyumas [Skripsi]. Purwokerto (ID): IAIN Purwokerto.

Millar, Garnet & Christine Dahl. 2011. The Power of Creativity. ATA Magazine. Vol. 91, No. 3. 46-53.

Mulyono. 2016. Peningkatan Keterampilan Mengembangkan Potensi Peserta Didik melalui Pembinaan bagi Guru Kelas SD Negeri 2 Jono Kec. Tawangharjo Kab. Grogoban pada Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 6, No. 2. 83-89.

Nihayah, Ulin. 2015. Mengembangkan Potensi Anak: Antara Mengembangkan Bakat dan Eksploitasi. Jurnal Sawwa. Vol. 10, No. 2. 135-150.

Nurhaidah & M. Insya Musa. 2015. Pelayanan Pendidikan yang Berkualitas di Era Global dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik Secara Maksimal. Jurnal Pesona Dasar. Vol. 1, No. 4. 52-65.

Pulungan, Fitri Helena, Syafaruddin, Wahyuddin NN. 2018. Pelaksanaan Pengembangan Bakat Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Kursus Kader Dakwah (KKD) di MAN 1 Medan. Jurnal Edu Religia. Vol. 2, No. 1. 21-29.

Rochmah, Nur. 2016. Pengaruh Soft Skill Staf Perpustakaan terhadap Pelayanan Prima di Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Jurnal Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Vol. 12, No. 2. 144-149.

Silahuddin. 2017. Peranan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat dalam Pendidikan Islam: Perkembangan Bakat Minat Anak. Jurnal Mudarrisuna. Vol. 7, No. 1. 1-22.

Sinar Grafika. 2016. UU Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 Tahun 2003). Jakarta: Sinar Grafika.

Sutisna, Anan. 2012. Pengembangan Model Pelatihan Berbasis Kinerja untuk Peningkatan Kompetensi Tutor Paket C. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF. Vol. 4, No. 2. 135-152.

Trihasnanto, Anton. 2016. Eksistensi Gamolan di Masyarakat Kota Bandar Lampung melalui Internalisasi dan Sosialisasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol. 3, No. 2. 1-20.

Wasidi & Djemari Mardapi. 2016. Pengembangan Instrumen Bakat Keguruan. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 20, No. 1. 98-110.

Widatik, Sri. 2017. Pengembangan Kreativitas dan Bakat Siswa Melalui Ekstrakurikuler Seni Tari di SD Negeri 2 Paras [Skripsi]. Surakarta (ID): Universitas Muhammadiyah Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.