Pengaruh Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar

Erlina Oktavia, A. Sudirman, Alben Ambarita

Abstract

The purpose of the study was to determine the effect of the application of the Cooperative Integrated Reading And Composition model learning of activities and learning outcomes of the students. The problem of this study was the low learning outcomes and less active learners. This type of research is quasi-experimental with nonequivalent control group research design. The instruments used are tests and non-tests. The results of the analysis using the zcount test show that there is a significant influence on the use of the Cooperative Integrated Reading And Composition model on the learning activities of students. The results of the calculation of the hypothesis test using the t-test showed that there was a significant imfluence on the use of the Cooperative Integrated Reading model and Composition on learning outcomes.

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik . Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar dan kurang aktifnya peserta didik. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalen control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Hasil analisis menggunakan uji á´¢hitung, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model Cooperative Integrated Reading And Composition terhadap aktivitas belajar peserta didik. Hasil perhitungan uji hipotesis t-test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model Cooperative Integrated Reading And Composition terhadap hasil belajar peserta didik .

Kata kunci: aktivitas, cooperative integrated reading and composition, hasil belajar.

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VD). Jakarta: PT Renika Cipta..

Arthini, Ni Wayan Sari. 2018. Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Santiaji Pendidikan. Vol. 8, No. 2. 1-11.

Delviani, et al. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Berbantuan Media Puzzle Kalimat untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak dalam Menentukan Pikiran Pokok. Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 1, No. 1. 1-10.

Estiningtyas, Woro Rukmi. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN PANJATAN. e-Jurnal UNS. Vol. 4, No. 5. 1-5.

Fatimah. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Negeri 3 Ella Hulu. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 6, No. 2. 1-11.

Fitriadi, et al. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 3, No. 7. 1-10.

Hadiwinarto, Novianti. 2015. The Effects of Using CIRC model on the English Learning Skills among Junior High School Students. Journal of Education and Learning. Vol. 9, No. 2. Pp. 117-124.

Jannah, et al. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 034 Tarai Bangun. Jurnal Online Mahasiswa FKIP Universitas Riau. Vol. 1, No. 2. 1-15.

Kuswandana, Putu Agus. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V di Desa Penarukan. e-Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2, No. 1. 1-10.

Mahardika, Agus Yogi. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Dongeng Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD. e-Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 5, No. 2. 1-11.

Masyitoh, Putri Yuris. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe (Cooperative Integrated Reading And Composition) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal of Undergraduate Thesis.

Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Ruyaliningsih. 2017. Pengaruh Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. Vol. 2, No. 2. 211-218.

Suarjana, I Wayan, 2014. Pengaruh Model CIRC Berbasis Soal Cerita Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Gianyar. e-Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2, No. 1. 1-10.

Sugiartini, et al. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV Gugus I Kecamatan Manggis. Jurnal Pendidikan. Vol. 1, No. 1. 1-10.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutiarahmah, Ridha. 2017. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada Siswa Kelas Vc SD Negeri 6 Metro Barat [skripsi]. Lampung (ID): Universitas Lampung.

Wibowo, et al. 2019. Peningkatan Hasil Belajar dengan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Kelas V. Jurnal Penelitian PGSD. Vol. 7, No. 5. 1-12.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.