Pengaruh Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik . Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar dan kurang aktifnya peserta didik. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalen control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Hasil analisis menggunakan uji á´¢hitung, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model Cooperative Integrated Reading And Composition terhadap aktivitas belajar peserta didik. Hasil perhitungan uji hipotesis t-test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model Cooperative Integrated Reading And Composition terhadap hasil belajar peserta didik .
Kata kunci: aktivitas, cooperative integrated reading and composition, hasil belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VD). Jakarta: PT Renika Cipta..
Arthini, Ni Wayan Sari. 2018. Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Santiaji Pendidikan. Vol. 8, No. 2. 1-11.
Delviani, et al. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Berbantuan Media Puzzle Kalimat untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak dalam Menentukan Pikiran Pokok. Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 1, No. 1. 1-10.
Estiningtyas, Woro Rukmi. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN PANJATAN. e-Jurnal UNS. Vol. 4, No. 5. 1-5.
Fatimah. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Negeri 3 Ella Hulu. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 6, No. 2. 1-11.
Fitriadi, et al. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 3, No. 7. 1-10.
Hadiwinarto, Novianti. 2015. The Effects of Using CIRC model on the English Learning Skills among Junior High School Students. Journal of Education and Learning. Vol. 9, No. 2. Pp. 117-124.
Jannah, et al. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 034 Tarai Bangun. Jurnal Online Mahasiswa FKIP Universitas Riau. Vol. 1, No. 2. 1-15.
Kuswandana, Putu Agus. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V di Desa Penarukan. e-Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2, No. 1. 1-10.
Mahardika, Agus Yogi. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Dongeng Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD. e-Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 5, No. 2. 1-11.
Masyitoh, Putri Yuris. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe (Cooperative Integrated Reading And Composition) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal of Undergraduate Thesis.
Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Ruyaliningsih. 2017. Pengaruh Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. Vol. 2, No. 2. 211-218.
Suarjana, I Wayan, 2014. Pengaruh Model CIRC Berbasis Soal Cerita Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Gianyar. e-Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2, No. 1. 1-10.
Sugiartini, et al. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV Gugus I Kecamatan Manggis. Jurnal Pendidikan. Vol. 1, No. 1. 1-10.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sutiarahmah, Ridha. 2017. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada Siswa Kelas Vc SD Negeri 6 Metro Barat [skripsi]. Lampung (ID): Universitas Lampung.
Wibowo, et al. 2019. Peningkatan Hasil Belajar dengan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Kelas V. Jurnal Penelitian PGSD. Vol. 7, No. 5. 1-12.
Refbacks
- There are currently no refbacks.