Pengaruh Penggunaan Model Visualization Auditory Kinesthetic terhadap Hasil Belajar Peserta didik

Siti Soleha, Rapani Rapani, Sulistiasih Sulistiasih

Abstract

The problem of this study was the low of student’s learning outcomes. The purpose of this study was to analyze and determine the significant effect of the application of the visualization auditory kinesthetic model toward the thematics learning outcomes of fifth grade studets at SD Negeri 1 Sumberagung. The type of research used experimental research. The research design used is non-equivalent control group design. The study population and sample is 40 students. The instrument used  a test question. Data analysis technique used  the t-test sparated varians statistical test which begins with a test of normality and homogeneity. The results of the study show there is a significant effect on the implementation of visualization auditory kinesthetic model to learning outcomes.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh signifikan penggunaan model visualization auditory kinesthetic terhadap hasil belajar tematik peserta didik.Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian non-equevalent control group design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik t-test sparated varians yang diawali dengan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model visualization auditory kinesthetic terhadap hasil belajar.

Kata kunci: Visualization auditory kinesthetic, Hasil belajar

References

Aziz. 2012. “Evaluation on the Effectiveness of Learning Outcomes from Students Perspectieves”. Procedia Social and Behavioral Sciences 56.22-30.2018.

Fathurrohman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Modern.Yogyakarta: Garudhawacana.

Gilakjani, Abbas Pourhossein. 2012. Visual, Auditory, Kinesthetic Learning Styles And Their Impacts On English Language Teaching. Journal Of Studies In Education, Vol 2 (1), P1-10.

Guniasari, Monika. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap Hasil Belajar Mengidentifikasi Cerita Anak Kelas V SD, Gugus Ahmad Yani, Kecamatan Kota Kudus. Semarang: UNNES.

Lestari, Reni Dwi. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran VAK terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN 2 Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.

Muklis, Mohamad. 2012. Pembelajaran Tematik. FENOMENA VOL IV NO. 1, 73-76.

Nurhasanah. 2010. Dampak Pembelajaran Visual Auditorial Kinestetik (VAK)Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Dasar. Bandung: UPI.

Rabe. Halimatun Husna. 2014. Pengaruh Menggunakan Visual, Auditory, Kinesthetic (Vak) Model Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Sumatera Utara: Universitas Medan.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta:PT Raja grafindo Persada.

Russel, Lou. 2011. The Accelerated Learning Fieldbook. Bandung: Nusa Media.

Sardiman. 2016. Interaksi dan Moti-vasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran.Jakarta:Kencana Prenadamedia Group.

Yayang, Ade. 2016. Pengaruh Model Visual, Auditory, dan Kines-thetic (VAK) terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-sifat Cahaya. Bandung: UPI.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.