HUBUNGAN PENDEKATAN REALISITIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK

Mujianto Mujianto, Darsono Drasono, Sowiyah Sowiyah

Abstract


The purpose of this study was to analyze and find out a positive and significant relationship between the realistic mathematics education (RME) approach and the mathematics learning outcomes of students in class V SD Negeri 6 Metro Utara. This type of research is ex-postfacto correlation. The population is 58 students . The sample in this study is a saturated sample, where the entire population is sampled. Data collection tools are observations, questionnaires / questionnaires and documentation studies. Data analysis used is product moment correlation. Based on the elite data analysis, it can be concluded that there is a positive and significant relationship between the realistic mathematics education (RME) approach and the mathematics learning outcomes of students in class V SD Negeri 6 Metro Utara by showing the correlation coefficient of 0.215 is at a low level.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara pendekatan realistic mathematics education (RME) dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 6 Metro Utara. Jenis penelitian ini yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 58 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Alat pengumpul data yaitu observasi, kuesioner/angket dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pendekatan realistic mathematics education (RME) dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 6 Metro Utara dengan ditunjukkan  koefisien korelasi sebesar 0,215 berada pada taraf rendah.

Kata kunci: hasil belajar, matematika, pendekatan RME

References


Alhadad, Syarif Fadillah. 2010. Meningkatkan Kemampuan Representasi Multiple Matematis, Pemecahan Masalah Matematis dan Self Esteem Siswa SMP melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended. Disertasi UPI Bandung. Tidak diterbitkan.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dani, Silvia. 2017. Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Siswa. JPPM Vol 10 No 2.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Fitrianingtyas, Anggraini. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IV SDN Gedanganak 02. e-jurnal mitra pendidikan Vol 1 No 6.

Hasratuddin. 2014. Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik. Vol 1 No 2.

Humaira. 2015. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerangka Manusia Melalui Media Kerangka Manusia dan Media Gambar Siswa Kelas IV SDN Lampeuneurut Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar. Vol 3 No 3.

Mulyasa. 2008. Implementasi KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Pratiwi, Noor Komari. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa . Jurnal Pujangga Vol 1 No 2.

Rinayanti. 2014. Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Media Grafis Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas V SD Gugus 1 Mengwi. Skripsi.

Riyadi. 2015. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Geometri. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Suandito, Billy. 2017. Bukti Informal dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 8 No 1.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.