Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Tematik

Yanti Wahyuni, Een Yayah Haenilah, Sugiman Sugiman

Abstract


The problem in this research was the low learning result on students grade IV SD Negeri 2 Tambahrejo. The purpose of this research to know the influence apply of cooperative learning model in jigsaw type of  thematic learning result on students grade IV SD Negeri 2 Tambahrejo. The research method used  a quesiexperimental design with Nonequaivalent control group design. The sampling technique in this research was purposive sampling. Data analysis using simple linear regression and T test. Based on analysis data result of this research was obtained conclussion the difference and influence apply of cooperative learning model with  jigsaw type of thematic learning result on students grade IV SD Negeri 2 Tambahrejo.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Tambahrejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar tematik pada peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Tambahrejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan  rancangan quasi experimental desain Nonequaivalent Control Group Design. Teknik Pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan dan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar tematik pada peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Tambahrejo.
 
Kata Kunci: hasil belajar, pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, tematik


References


Bagus, Gusti. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Ditinjau Dari Sikap Sosial Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V di SDN 4 Panjer. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 2 No.4. 2013. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Brophy. 2010. Motivating Students to Learning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Dewi, Riesa. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 2 Sabranglor. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta. Vol VI (Cetakan1:7).

Herviati. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD. Jurnal Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Semarang. Vol. 6: 1-4.

Isjoni. 2014. Cooperative Learning, efektifitas pembelajaran kelompok. Alfabeta: Bandung.

Nurkhasanah, Siti. 2014. Penggunaan Model Jigsaw Dengan Media Visual Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas IV

SDN 2 Plarangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 2 No. 4. 2014. Jawa Tengah: Universitas Sebelas Maret.

Pangesti, Dea. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaraan Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Sumberejo Kemiling Bandar Lampung.E-Journal,Vol.10 No.2. Universitas Lampung.

Riyanto. 2012. Teori Belajar. Alfabeta: Bandung.

Suprijno. 2012. Metode dan ModelModel Mengajar. Alfabeta: Bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional(SIDIKNAS). Jakarta: Kemendiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.