Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Hasil Belajar

Tri Wahyuni, Een Yayah Haenilah, Erni Erni

Abstract


The problem of this research was the low learning result of the fifth grade students on thematic learning  in SD Negeri 1 Sidoarjo, Way Kanan Regency. This research aimed to find out the effect of the implementation of NHT type Cooperative Learning Model on the fifth grade students' learning result in SD Negeri 1 Sidoarjo. This research used quasi experiment method with nonequivalent control group design. The sampling technique used in this research was purposive sampling. The data collection technique used test instrument and students' activity observation. The research hypothesis was tested with a simple linear regression test . The result of this research showed that there was an effect by applying the NHT type cooperative learning model on the fifth grade students' thematic learning result in SD Negeri 1 Sidoarjo in academic year 2018/2019

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V pada pembelajaran tematik di SD Negeri 1 Sidoarjo Kabupaten Way Kanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Sidoarjo. Metode yang digunakan adalah quasi experiment, dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, Teknik Pengunpulan data menggunakan instrumen tes dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Sidoarjo  Kabupaten Way Kanan Tahun Ajaran 2018/2019

Kata kunci: hasil belajar, number head together.

References


Akinbobola. 2006. Effect of cooperatif and competitive learning strategies on academic performance of students in phsics: J.Resersh i Educa-tion. 3(1):1-5.

Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustika Setia.

Hamdayama, et al. 2015. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning (Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2011. Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Kurniasih, Imas. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Trianto. 2009. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.