Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivistik
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa melalui penerapan pendekatan konstruktivistik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes formatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes dan teknik tes. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn. Aktivitas siswa pada siklus I mendapat katagori “Cukup Aktif”, dan pada siklus II meningkat menjadi “Aktif”. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I memiliki katagori “Tinggi” dan meningkat pada siklus II menjadi “Sangat Tinggi”. Kesimpulan penlitian ini adalah dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, pendekatan konstruktivistik.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
A. Pribadi. (2009). Model Desain Sistem pembelajaran. Jakarta: PT. Dian Rakyat.
Anas Sudijono. (2011). Pengantar Evaluasi pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Anita, Woolfolk. (2009). Educational Psychology: Active Learning Edition. Edisi kesepuluh. Cetakan pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anita. (2013). Penerapan Pendekatan Konstruktivistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Gaya. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Aqib, Zainal. (2009). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB & TK. Bandung: Yrama Widya.
Arifin. (2009). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Depdiknas. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP Depdiknas.
Karmilah. (2014). Penerapan Pendekatan Konstruktivistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV pada Konsep Struktur Tumbuhan dan Fungsinya. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Kasmadi, et al. (2014). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.
Suyono, et al. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Teori dan Konsep Dasar. Surabaya: Rosda.
Tim Penyusun. (2003). Undang-undang sistem pendidikan nasional nomor 20. Depdiknas. Jakarta. https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2/016/08/UU_no_20_th_2003.pdf.
Wiyana. (2013). Pengaruh pengetahuan KTSP dan pendidikan terhadap kemampuan menyusun RPP guru SDN Jatiyoso tahun 2011/2012. Jurnal teknologi pendidikan, Vol, 1 no, 2 PP 239-248.
Refbacks
- There are currently no refbacks.