Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivistik

Irwan Setiawan, Sulistiasih Sulistiasih, Siswantoro Siswantoro

Abstract

The purpose of this study was to improve the students activity and learning outcomes of civics subject through the application of constructivistic approach. The type of the research used was Classroom Action Research (CAR). Data collection tool used was in the form of observation sheet and formative test question. Data collection techniques was done by non-test and test technique. Data analysis techniques used was qualitative and quantitative data analysis. The results showed that the implementation of constructivist approach can increases the activity and learning outcomes of Civics subject. Students activity on cycle I get the category of "Self Active", and on cycle II increased to "Active". The average of students learning outcomes on cycle I get the "High" category and increased on cycle II to "Very High". The conclusion of this study is that applying a constructive approach can improve student learning activities and outcomes.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa melalui penerapan pendekatan konstruktivistik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes formatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes dan teknik tes. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn. Aktivitas siswa pada siklus I mendapat katagori “Cukup Aktif”, dan pada siklus II meningkat menjadi “Aktif”. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I memiliki katagori “Tinggi” dan meningkat pada siklus II menjadi “Sangat Tinggi”. Kesimpulan penlitian ini adalah dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, pendekatan konstruktivistik.

References

A. Pribadi. (2009). Model Desain Sistem pembelajaran. Jakarta: PT. Dian Rakyat.

Anas Sudijono. (2011). Pengantar Evaluasi pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Anita, Woolfolk. (2009). Educational Psychology: Active Learning Edition. Edisi kesepuluh. Cetakan pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anita. (2013). Penerapan Pendekatan Konstruktivistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Gaya. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Aqib, Zainal. (2009). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB & TK. Bandung: Yrama Widya.

Arifin. (2009). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP Depdiknas.

Karmilah. (2014). Penerapan Pendekatan Konstruktivistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV pada Konsep Struktur Tumbuhan dan Fungsinya. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Kasmadi, et al. (2014). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Suyono, et al. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Teori dan Konsep Dasar. Surabaya: Rosda.

Tim Penyusun. (2003). Undang-undang sistem pendidikan nasional nomor 20. Depdiknas. Jakarta. https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2/016/08/UU_no_20_th_2003.pdf.

Wiyana. (2013). Pengaruh pengetahuan KTSP dan pendidikan terhadap kemampuan menyusun RPP guru SDN Jatiyoso tahun 2011/2012. Jurnal teknologi pendidikan, Vol, 1 no, 2 PP 239-248.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.