Hubungan Penggunaan Media Gambar Dengan Hasil Belajar IPS Peserta Didik

Amalia Roza, Sugiyanto Sugiyanto, Sugiman Sugiman

Abstract


The problem in this research is on the learning outcomes of social science at the fourth grade of SD Negeri 1 Rajabasa Raya that is still low. The purpose of this research is to find out the correlation of using picture as media with learning outcomes of social science in thematic learning. The method of this research is quantitative correlation in nature. The population in this research is all students at the fourth grade of SD Negeri 1 Rajabasa Raya which consist of 73 students. The sample in this research is 73 respondents. The technique of collecting data in this research is by doing observation, documentation and also by administering test. The result of the data analysis which has been done by using product moment correlation formula showed that rcount (0.629) > rtabel (0.227) hence there is correlationĀ  of using picture as media with learning outcomes of social science in thematic learning.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS peserta didik di SD Negeri 1 Rajabasa Raya. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan penggunaan media gambar dengan hasil belajar IPS pada pembelajaran tematik peserta didik kelas IV SD Negeri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang berjumlah 73 peserta didik. Sampel penelitian ini berjumlah 73 responden. Teknik pengumpulan data ini dengan observasi, dokumentasi dan teknik tes. Hasil teknik analisis data yang menggunakan rumus korelasi product moment dengan hasil rhitung (0,629) > rtabel (0,227) hal tersebut menunjukkan ada hubungan penggunaan media gambar dengan hasil belajar IPS pada pembelajaran tematik peserta didik.

Kata kunci: hasil belajar, media gambar, pembelajaran IPS pada tematik.

References


Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Ed Revisi VI. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asgari, Maryam. (2013). Evaluating the Learning Outcomes of International Students as Educational Tourist. Journal of Business Studies Quarterly. Volume 5. Nomor 2. Hlm. 130-140.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dirman, Cicih Juarsih. 2014. Penilaian dan Evaluasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Al Gesindo.

Kasinu, Akhmad. 2007. Metodelogi Penelitian Sosial Konsep, Prosedur dan Aplikasi. Kediri: CV. Janggala Pustaka Utama.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sadiman, Arief. 2011. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Manfaatnya. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sudjana, Nana. 2012. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sutirman. 2013. Media & Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sisdiknas, 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tim Penyusun. 2013. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Dasar RI. Tahun 2003 Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.