Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Tematik

Umi Khasanah, Suwarjo Suwarjo, Rapani Rapani

Abstract


The problem in this study was the low learning outcomes of students. The purpose of this study was to determine the effect of the reciprocal teaching model on learning outcomes. The population in this study amounted to 42 students. Determination of research samples using nonprobability sampling technique. The sample of this study was a saturated sample. The data collection techniques ware done by non-test techniques (observation, interviews, and documentation) and test techniques. The results showed there were average value of the experimental class N-Gain was 0.49, and the control class was 0.20 with the N-Gain difference between the two classes being 0.29. The results of hypothesis testing obtained data tcount of 2.230 and t table of 2.021. The tcount> t table, ie 2.021> 2.230 means that Ha’s accepted, which means the result of the research show that there was effect of reciprocal teaching model on themat learning.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model reciprocal teaching terhadap hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 42 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik nonprobability sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes (observasi, wawancara, dan dokumentasi) dan teknik tes. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,49, dan di kelas kontrol sebesar 0,20 dengan selisih N-Gain kedua kelas tersebut sebesar 0,29. Hasil pengujian hipotesis diperoleh data thitung sebesar 2,230 dan ttabel sebesar 2,021. Adapun  thitung > ttabel yaitu 2,021 > 2,230 berati Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh model reciprocal teaching terhadap hasil belajar tematik peserta didik.


Kata kunci: model pembelajaran, reciprocal teaching, hasil belajar tematik.


References


Ariyasa, I Gede. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tulamben. Jurnal Pendagogik. Vol 2, No. 1.

Awaliah. 2015. Pengaruh Penggunaan Model Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTSN Balang-balang Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Vol. 3, No 1, 59-72.

Budiani, Sri. 2017. Evaluasi Implemestasi Kurikulum 2013 di Sekolah Pelaksanaan Mandiri. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology. Vol 6, No. 1.

Dewi, Ayu. 2014. Model Reciprocal Teaching Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus Mayor Metra. Vol 2, No. 1.

Dewi, Sari Rahayu Novita. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD N 03 Binuang Kampung Dalam Padang. Jurnal Pendidikan. Vol 1, No. 3.

Ichsan. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) pada Mata Kuliah Matematika. Jurnal Vokasi. Vol IX, No. 3, 189-999.

Kemendiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Noorliani. 2013. Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 1 Simpang Empat. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1, No. 1, 34-41.

Pratiwi, Inung. 2012. Pembelajaran Akutansi Melalui Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemandirian Belajar dalam Materi Mengelola Administrasi Surat Berharga Jangka Pendek Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol X, No 2 133-152.

Supriyani, Asri Julian. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri lubuklinggau Tahun 2017/2018. Wacana Edukasi. Vol 2, No. 1.

Tim Penyusun. 2011. Undang - undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Uno, Hamzah B. 2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.