Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik

Riza Fitriani, Rapani Rapani, Yulina H.

Abstract


The purpose of the research was to determine the positive and significant correlation between Learning Interest with Learning Outcomes in Mathematics. The type of the research was quantitative reasearch with ex-post facto corelation methode. The technique of collection data uses observation, questionnaire and documentation studies. The instrument  for data collection is the questionnaire with a likert scale, which was previously tested for validity and reliability. The data analysis used product moment corelation and proportional statified random sampling. The results showed that the were a positive and significant correlation between between Interest Learning with Learning Outcomes in Mathematics at fifth Grade Elementary School Students on Wahidin Sudiro Husodo’s Doctor cluster in sub-district Metro Barat by correlation coefficient of  0.462 which the “medium” criteria.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan positif dan signifikan antara  minat belajar dengan hasil belajar matematika. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan metode  ex-postfacto korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan proporsionate stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat dan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo kecamatan Metro Barat ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,462 berada pada taraf “sedang”.

Kata kunci: hasil belajar, matematika, minat belajar.

References


Aniq, Moh. 2013. Hubungan Antar minat Belajar Belajar dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas IV SD Negeri Kembangarum 2 Mrangga Demak. Jurnal.

Awe, Ermelinda. 2017. Hubungan Antara Minat dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Pada Siswa SD. Jurnal.

Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Fajriani, Nurul. 2017. Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal.

Karina. Rizki. 2017. Hubungan Antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Pada Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal.

Lestari, Indah. 2015. Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal.

Sapitri, Ayu. 2014. Hubungan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar pada Semua Mata Pelajaran Siswa Kelas V SD Negeri No. 64/1 Muara Bulian. Jurnal.

Siagian, Roida. 2013. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal.

Supardi. 2010. Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar. Jurnal.

Suryosubroto, Sumadi. 2009. Psikologi Pendidikan. Depok: Rajawali Press.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Interpratama Mandiri.

Wasti, Sriana. 2013. Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tata Busana di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.