Pengaruh Model Discovery Learning untuk Mencapai Higher Order Thinking Skill
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan Higher Order Thinking Skills peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skill pada peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain penelitian non equivalent control group design. Instrument dalam penelitian ini adalah tes dan non-tes. Populasi dipenelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 8 Negeri Katon Kabupaten Pesawaran. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol di SD Negeri 8 Negeri Katon tahun ajaran 2018/2019, yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skill.
Kata kunci: Higher Order Thinking Skill, Pembelajaran, Discovery Learning.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anderson, et al. 2017. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: a Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Jurnal Pedagogik, Vol. 04 No. 01, Januari - Juni 2017.
Balim. 2009. The Effects of Discovery Learning on Students Success and Inquiry Learning Skills. Jurnal Pendidikan Kimia vol. 4 No. 2 Tahun 2015.
Brookhart. 2010. How To Assess Higher-Order Thinking Skills In Your Classroom. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 20, Nomor 2, Desember 2016.
Budingsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Cintia, Nichen, et al. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan - Vol. 32 No. 1 April 2018.
Fidyatin, Iffah Nur. 2009. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas II Mtsn Tembelang Jombang. Jurnal.
Fanari, Zainal. 2018. Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Kurikulum 2013. Edudeena. Vol. 2 No. 1. Jurnal.
Hosnan. 2013. Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 6 No. 2 Desember 2017.
Kurniati, Ida, et al. 2017. Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Smart Sticker untuk Meningkatkan Disposisi Matematik dan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Matematika Kreatif - Inovatif Kreano 8 (2) (2017): 109-118.
Mardiansyah, et al. 2014. Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional Dengan Konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20, 4, 452-469.
Maharani, et al. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Mitra Pendidikan, 1 (5), 249-561
Rajendran, et al. 2001. Higher Order Thinking Skills. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
OECD. 2010. PISA 2009. Matematihics Framework. Paris-OECD Publishing
Pratiwi. 2014. Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(7).
Pohl, et al. 2016. Kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 20, Nomor 2, Desember 2016.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV Alfabeta
Syah. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Swaak, et al. 2004. The Effects of Discovery Learning and Expository Intruction on the Acquisition of Definition and Intutive Knowledge. Jurnal Pendidikan Kimia vol. 4 No. 2 Tahun 2015
Tim PISA Indonesia. 2011. Survei Internasional PISA. Jurnal.
Wardhani. 2015. Pembelajaran dan Penilaian Aspek Pemahaman Konsep, Penalaran dan Komunikasi, Pemecahan Masalah. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 20, Nomor 2, Desember 2016.
Yusuf, Kholid. 2018. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan HOTS Dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Garung Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Kajian Pendidikan Sains Vol. IV No. 01, April 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.