Hubungan Kebiasaan Bermain Game Online dengan Perilaku Belajar

Windi Trikanti Utami, Supriyadi Supriyadi, Deviyanti Pangestu

Abstract


The problem in this research was the student’s low the ability to learn correctly about the effects of online games. The purpose of this research was to knowing relationship between the habit of playing online games with academic progress student in elementary school Al-Kautsar. The method  in this research is descriptive method type of correlational research. The population in this study were online games student class V in elementary school Al-Kautsar.  The data is collected with questionnaire and documentation. The results of hypothesis testing using the product moment correlation formula and t test obtained r count = 0.728 means positive high standard. So that, which means there is a positive and significant relationship between the habit of playing online games with academic progress student in elementary school Al- Kautsar.   


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat kemampuan siswa dalam mengetahui dampak bermain game online. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan bermain game online dengan perilaku belajar siswa kelas V SD Al-Kautsar. Metode yang digunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas V SD Al-Kautsar yang pernah bermain game online. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Hasil uji hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment , korelasi antara X dengan Y sebesar 0,728 bertanda positif dengan kriteria tinggi. Terdapat hubungan kebiasaan bermain Game online dengan perilaku belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Al-kautsar.


Kata kunci: bermain game online, perilaku belajar.


References


Angela. 2013. Pengaruh Game Online terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 015 Kelurahan Sidomulya Kecamatan Samarinda Ilir. Samarinda. Jurnal.

Anggraini, Delviana. 2017. Dinamika Perilaku Agresif Anak yang Bermain Game pada Anak Kelompok B4 di TK Aba Wonocatur Banguntapan Bantul. Jurnal Psikologi, Volume 6. Edisi 2. Universitas Negri Yogyakarta. Jurnal.

Azizah, et al. 2017. Hubungan Kebiasaan Bermain Game Online dengan Perilaku Belajar Siswa”. Jurnal Vol. 04. No. 04.

Fauziah. Eka. 2013. Pengaruh Game Online terhadap Perubahan Perilaku. Vol. 1 No. 03. FISIP. Universitas Mulawarman Kalimantan. Jurnal.

Hasan. 2011. Multiplayer Online Game. Bandung: PT Gramedia.

Kurniawan, Drajat. 2017.Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal.

Masya, et al. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Gangguan Kecanduan Game Online pada Peserta Didik Kelas X di Madrasah Aliyah Al-Furqon Prabumulih. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung. Jurnal.

Pitaloka, Ardanareswari. 2013. Perilaku Konsumsi Game Online Pada Pelajar (Studi Fenomenologi Tentang Perilaku Konsumsi Game Online Pada Pelajar di Kelurahan Gemolong, Kabupaten Sragen tahun 2013). Universitas Sebelas Maret. Jurnal.

Salim, Agus. 2016. Pegaruh Game Online terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Allaudin Makassar. Jurnal.

Surbakti, Krista. 2017. Pengaruh Game Online terhadapRemaja. Jurnal Curere. Vol. 01, No. 01. FKIP Universitas Quality. Jurnal.

Syah, Ahmad. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Ciputat Press.

Wulan, Tri. 2015. Motif dan Adiksi Pemain Game Online. Jurnal Holistik. Vol 04. No. 01. Universitas Airlangga. Surabaya. Jurnal.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.