PENGARUH STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR

Merlin Andriani, Yulina H., Siswantoro Siswantoro

Abstract


The purpose of this study was to find out the positive and significant effects on the application of the learning start type learning strategy with a question to the students' thematic learning results. This type of research is experimental research using the design of Nonequivalent Control Group Design with a population of 44 students, the sample of this study was 22 students. Data collection techniques use test techniques. The results of the study based on the results of the calculation of the hypothesis test showed a value of tcount = 2.14> t table = 2.021 which indicates that the active learning method of learning type start with a question can affect students' thematic learning results.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan strategi pembelajaran aktif tipe learning start with a question terhadap hasil belajar tematik siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain Nonequivalent Control Group Desain dengan jumlah populasi 44 orang siswa, sampel penelitian ini 22 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Hasil penelitian berdasarkan hasil pehitungan uji hipotesis menunjukan nilai thitung = 2,14 > ttabel = 2,021 yang menandakan bahwa starategi pembelajaran aktif tipe learning start with a question dapat mempengaruhi hasil belajar tematik siswa.

Kata kunci: hasil belajar, LSQ, strategi pembelajaran aktif

References


Afandi, Muhammad. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Learning Start With A Question Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV Min 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar. Volume 5 Nomor 52.

Dirgahayuning, Andri. 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Learning Start With A Question Untuk Mencapai Ketuntasan Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Termokimia Kelas XI IPA 6 SMA Negeri 5 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. Volume 8 Nomor 2.

Maimunnah, Siti. 2018. Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Dengan Menggunakan Strategi Learning Strat With A Question (LSQ) Pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Falah Cipulir Jakarta Selatan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Madrasyah Ibtidaiyah. Volume 4 Nomor 2.

Meidina, Resti. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Learning Start With A Question Terhadap Hasil Mata Pelajaran IPS Kelas IV di Min 15 Jepara. Jurnal Pendidikaan Madrasah Ibtidaiyah. Volume 5 Nomor 172.

Pradana, Lingga. 2018. Keefektifan Metode Learning Start With A Question Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 3 Nomor 1.

Pribadi. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengn Menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question. Jurnal Pendidikan . Volume 12 Nomor 1.

Silberman, Melvin. 2016. Strategi pembelajaran aktif. Jakarta: Penerbit Nuansa.

Syefnidar. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Learning Start With A Question di SDN 14 Siguntur Muda Kecmatan Koto XI Tarusan Pesisir Selatan. Jurnal Penelitian Guru Indonesia. Volume 3 Nomor 1.

Zaini, Hisyam. 2016. Strategi pembelajaran aktif. Jakarta: Kata Pena.

Marisah. 2013. Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas V SD N 1 Pekanbaru Tahun Ajar 2012/2013. Jurnal. Pekanbaru: Universitas Riau.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.