MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF TIPE WORD SQUARE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD

Devia Jone Lisa, Alben Ambarita, Nelly Astuti

Abstract


A method of research used is research the act of a class (PTK) with four stage of siklus that is planning, the exercise of, observation, and the reflections. A gatherer of lab data is sheets of observation and about the test. Engineering analysis of data used a technique of qualitative and quantitative analysis. The result showed an increase in upon an activity and study result of the students.

Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: word square, aktivitas, hasil


References


Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta. 308 hlm.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Rajagrafindo Persada. Jakarta. 312 hlm.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung. 321 hlm.

Mujiman, Haris. 2007. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Pustaka Pelajar. Yogyakarta. 187 hlm.

Saptono . UPI. 2009. Bab II metode word square dalam pemerolehan kosakata

Bahasaperancis.repository.upi.edu/operator/upload/s_prs_0706015_chapter2. pdf. Tanggl akses pada tanggal 22 Januari 2013 @10. 02 WIB. 33 hlm.

Suwangsih, Erna. Tiurlina. 2006. Model Pembelajaran Matematika. UPI Press. Bandung. 213 hlm.

Uno, B. Hamzah. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Bumi Aksara. Jakarta. 343 hlm.

Wardhani, I.G.A.K. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka. 296 hlm.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.