PENGARUH KEBIASAAN BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK

Wanda Wijaya, Lilik Sabdaningtyas, Loliyana Loliyana

Abstract

The problem of the research is students learning discipline in SD Negeri Sawah Lama Bandar Lampung still low. This study aims to determine the effect of the habit of playing online games at home on the learning discipline of students at school. The type of research used was correlational research. Data collection methods in this study use a questionnaire. The population in this study were all the fifth grade students which amounted to 281 students. The sample technique used proportionate stratified random sampling by taking a sample of 104 respondents used the Yamane’s formula (in Riduwan, 2009: 65). Data analysis used a simple linear regression. The result of the study show that there is negative influence of the habit of playing online games at home with the learning discipline of students at school SD Negeri Sawah Lama Bandar Lampung.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah disiplin belajar peserta didik di sekolah SD Negeri Sawah Lama Bandar Lampung masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan bermain game online di rumah terhadap disiplin belajar peserta didik di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional.Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 281 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling dengan mengambil sampel sebanyak 104 responden menggunakan rumus Yamane (dalam Riduwan, 2009: 65). Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif kebiasaan bermain game online di rumah terhadap disiplin belajar peserta didik di sekolah SD Negeri Sawah Lama Bandar Lampung.


Kata kunci: bermain game online, disiplin belajar, korelasional

References

Al-Munajjid, Syekh Muhammad. 2016. Bahaya Game. Solo: PT. Aqwam Media Profetika.

Asih. 2010. Perilaku Prososial ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi. Jurnal.

Dewandari. 2013. Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Online DenganMotivasi Belajar Siswa Kelas X SMK. Jurnal.

Eskasasnanda. 2017. Causes And Effects Of Online Vidio Game Playing Among Junior-Senior High School Students In Malang East Java. Jurnal.

Elly, Rosma. 2016. Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal.

Gunarsa, et al. 2007.Psikologi Untuk Membimbing. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasan. 2011. Multiplayer Online Game. Bandung: PT Gramedia.

Joko. 2008. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Dinas Kehutan dan Perkebunan Kabupaten Jepara. Jurnal.

Maria. 2016. Hubungan Intensitas Bermain Game Online Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Jarakan Kabupaten Bantul Yogyakarta. Jurnal.

Muezzin, Emre. 2015. Comparison Of Game Online Addiction In High School Student With Habitual Computer Use And Online Gaming. Jurnal.

Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 11 Tahun 2016. Permainan Interaktif Elektronik.

Prijodarminto, Soegeng. 2009. Proses Pembentukan Sikap Disiplin. Surabaya: Airlangga Inversity Press.

Siska. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, XI, Dan, XII Di SMA Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal.

Slameto, Niti. 2005. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suciati. 2013. Konseling Keluarga ICACHO-E Untuk Mengurangi Kecanduan Bermain Game.

Sukmanasa. Elly. 2016. Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Soisial. Jurnal.

Sukarna. 2010. Dasar-Dasar Kedisiplinan. Bandung: CV Mandar Maju.

Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016. Informasi dan Transaksi Elektronik.

Yee. 2002. Motivation of Play in Online Games. Jurnal.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.