Hubungan Keaktifan dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Kelas Tinggi

Yunita Yunita, Siswantoro Siswantoro, Sulistiasih Sulistiasih

Abstract


The purpose of the research was to investigate and  learning motivation in the learning process with the learning outcomes. The type of the research was the correlation research with the quantitative approach. The data collection techniques used were observation, questionnaires, and documentation study. The results showed that there was a significant relationship between the activity of students in the learning process and mathematics learning outcomes, which was 0,029. There where a significant relationship between students 'learning motivation and mathematics learning outcomes of 0.289 with low criteria, as well as students' activeness and learning motivation together with mathematics learning outcomes of 0.290 with low criteria.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran dengan hasil belajar, motivasi belajar peserta didik dengan hasil belajar, serta hubungan keaktifan dan motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran dengan hasil belajar peserta didik kelas tinggi SD Negeri 5 Metro Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran dengan hasil belajar matematika yaitu sebesar 0,029. Terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar peserta didik dengan hasil belajar matematika sebesar 0,289 dengan kriteria “Rendah”, serta terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan dan motivasi belajar peserta didik secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika kelas tinggi sebesar 0,290 dengan kriteria “Rendah”.

Kata kunci : keaktifan, motivasi belajar, hasil belajar matematika.

References


Budianto, Arif. 2016. Hubungan Gaya Belajar dan Keaktifan Belajar terhadap Prestasi Belajar Gambar Teknik di SMK Piri Sleman. Jurnal.

Djafar, Farmawati. 2015. Rendahnya Prestasi Siswa di Indonesia. Jurnal.

Fauzia, Amni. 2017. Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal.

Indah, Rachmawati. 2014. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SD Negeri 11 Petang Jakarta Timur. Jurnal.

Kurniawati, Chintya. 2017. Pengaruh Keaktifan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B SMP Kanisius Kalasan pada Topik Bahasa Operasi Aljabar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal.

Kurniasari, Fransisca. 2016. Hubungan Keaktifan dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII A SMP Kansius Muntilan Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal.

Markus. 2016. Hubungan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Siswa Kelas V SD Negeri Dabin II Kecamatan Gajah Mungkur Semarang. Jurnal.

Novalinda, Eri. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Semester Ganjil SMK PGRI 5 Jember. Jurnal.

Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tim Penyusun. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sidiknas.

Wijayani, Isnaini. 2017. Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Waringin Sari Barat Kabuupaten Pringsewu. Jurnal.

Yafi, Erma. 2016. Hubungan Keaktivan Bertanya Siwa dengan Hasil Belajar di SD Negeri 05 Kecangaan Wetan Kabupaten Jepara. Jurnal.




DOI: https://doi.org/10.23960/pedagogi.v7i8.18906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.