Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika
Abstract
Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas V di SD N 3 Perumnas Way Halim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment dengan desain post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SD N 3 Perumnas Way Halim. Pengumpulan data menggunakan instrument tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana dan independent sample t-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment dan uji t diperoleh rhitung= 0,446 yang berarti positif dan thitung = 0,422. Sehingga, Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika.
Kata kunci: Problem Based Learning, hasil belajar matematika
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andesta. L. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di Kelas IV MIN 11 Bandar Lampung. Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Arini, P. A. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Peningkatan Hasil belajar Matematika Siswa Kelas V SD 7 Klumpi Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Kudus: Universitas Maria Kusus.
Diantari, et al. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 1 (2).
Djamarah, & Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Kaharuddin, A. 2018. Effect of Problem Based Learning Model on Mathematical Learning Outcomes of 6th Grade of Elementary School Accredited B in Kendari City. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, Kendari, 1 (2).
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Remaja Rodaskarya.
Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Presindo.
Permastya, F. W. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas V. Pontianak: Univesitas Tanjungpura.
Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.