Hubungan Keterampilan Mengadakan Variasi dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar

Fitria Agusina, Sowiyah Sowiyah, Siswantoro Siswantoro

Abstract


The purpose of the research was to analyze and to find out the positive and significant correlation between the skill variations and learning interest along with the students' learning result of fifth graders at SD Negeri Gugus Cut Nyak Dien Metro District. The method used of this research is ex-postfacto correlational. The population is 195 students and the research sample is 64 students. The data collection techniques are observation, quetionnaire, and study documentations. The result showed that there were positive and significant correlation between the skill variations and learning interest with the students' learning result of fifth graders at SD Negeri Gugus Cut Nyak Dien Metro District with coefficient correlation 0.568 marked positive with strong enough criteria.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan mengadakan variasi dan minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus Cut Nyak Dien Kecamatan Metro Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-postfacto korelasional. Populasi berjumlah 195 siswa dan sampel penelitian berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu observasi, angket(kuesioner), dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan mengadakan variasi dan minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus Cut Nyak Dien Kecamatan Metro Timur dengan koefisien korelasi sebesar 0,568 bertanda positif dengan kriteria cukup kuat.

 

Kata kunci: hasil belajar, keterampilan dasar mengajar, minat belajar.


References


Aniq, Moh & Khairul Mar’ati. 2014. Hubungan Minat Belajar dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Integratif Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Kembangarum 2 Mranggen Demak. Jurnal UPGRIS Vol. 2 No. 03 hlm 1-9.

Artikawati, Rinta. 2016. Pengaruh Keterampilan Mengadakan Variasi terhadap Prestasi Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 1 Edisi 11 Tahun ke-5 2016 hlm 1074-1084.

Azmi, Nurul. 2018. Hubungan Keterampilan Mengajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Gugus 2 Sandubaya Kecamatan Cakranegara. Jurnal Nurul Azmi Vol. 2 No. 20 hlm 1-13.

Lestari, Indri. 2016. Hubungan Keterampilan Mengelola Kelas dan Mengadakan Variasi dengan Minat Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 3 Edisi 2 Tahun ke-5 hlm 112-120.

Mayura, Evi. 2014. Hubungan Antara Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 20/I Jembatan Mas.. Jurnal mahasiswa UNJA Vol. 1 No. 4 hlm 1-14.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saud, Udin Syaefudin. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Sirait, Erlando Doni. 2016. Hubungan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Formatif 6 Universitas Indraprasta PGRI. Jurnal Formatif Vol. 6 No. 1 hlm 35-43.

Sughiarti. 2016. Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus Wijaya Kusuma Ngaliyan Semarang. Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 4 hlm 45-60.

Susanti, Carnela. 2017. Hubungan Keterampilan Mengadakan Variasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Muhammadiyah Metro Pusat. Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 5 hlm 1-12.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Tim Penyusun. 2013. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sinar Grafika.

Usman, Moh. Uzer. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wardianto, Derios. 2018. Hubungan Keterampilan Mengadakan Variasi dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 2 Metro Selatan. Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 3 hlm 1-13.

Wardani, Krisna. 2018. Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri Gugus Gadingrejo Pringsewu. Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 3 hlm 1-11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.