Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Tematik

Jessika Ningrum Cahyani, Yulina H., A. Sudirman

Abstract


The purpose of this research was to analyze and to find out the influence of the implementation of cooperative learning model  jigsaw type to the thematic learning result of fifth grade students at SD Negeri 4 Metro Timur. The type of this research was experimental research with quantitative approach. The research method used was quasi experimental design. The research design used was non-equivalent control group design. The results showed that increase in the N-Gain experimental class is 0.55 higher than in the control class which is 0.31. Hypothesis test obtained by t count data was 3.57 while t table equal to 2.00, the comparison showed (3.57> 2.000) there was positive and significant influence on applying cooperative learning jigsaw type result of learning.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model Cooperative Learning Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik  kelas V SD Negeri 4 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design.Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Hasil penelitian menunjukan peningkatan N- Gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 0,55 dibandingkan kelas kontrol yaitu 0,31. Uji hipotesis diperoleh data thitung  3,57 sedangkan ttabel  2,00, perbandingan tersebut menunjukkan (3,57> 2,00) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar.

 

Kata kunci: Cooperative learning,  jigsaw, hasil belajar tematik.


References


Elyawati. 2018. Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SD Negeri Cikijing III Kecamatan Kecamatan Cikijang Kabupaten Majelengka. Cakrawala Pendas. Vol. 4, No 1, 66-73.

Faturrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media

Lestari, yanti. 2016. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kuta Bandung. Kuta Badung. Jurnal Mimbar PGSD. Vol 2 No 1 32-37.

Nurfitriyanti. 2017. Pengaruh Model Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif. Vol. 2, No. 1. 153-162.

Patrisia, Maria. 2014. Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD I Dolumolo Tahun Pelajaran 2013/2014. Ilmiah Pendidikan.Vol. 2, No. 1. 13-21.

Rahmawati, Nurul. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatitif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Kegemaran. JPGSD. Vol. 2, No. 2, 1-6.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Kharisma Putra

Rusmartini. 2015. Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matimatika Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Nambahrejo. Vol. 4, No. 2, 95-105.

Setianingrum. 2016. Pengaruh Penerapan Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 2 Sabranglor. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol.1, No. 2, 1670-1677.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprihatin. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Studi Masyarakat Indonesia Mahasiswa. Promosi. Vol. 5, No. 1, 84-94.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.