Hubungan Keterampilan Bertanya dan Keterampilan Memberi Penguatan Dengan Hasil Belajar Matematika

Adi Purnomo, Muncarno Muncarno, Darsono Darsono

Abstract

The purpose of this study was to find out the significant relationship of questioning skills and to provide the reinforcement skills with the mathematics learning outcomes of high-class students of 11 Metro Pusat Elementary School. This is quantitative research and the method used is ex-postfacto correlation. The population was 189 students and the 68 students as sample was taken based on the proportionate stratified random sampling technique. The technique of collecting data used a questionnaire (questionnaire). The instrument of data collection is a questionnaire with a Likert scale which was tested for validity and reliability. Data analysis techniques used product moment correlation and multiple correlation correlation coefficient value r = 0.458 at the level of "strong enough". The result showed there was a positive and significant relationship between the relationship of question skills and skills to provide reinforcement with the results of mathematics learning in high-class students of 11 Metro Pusat Elementary School.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan yang signifikan pada keterampilan bertanya dan keterampilan memberi penguatan dengan hasil belajar matematika siswa kelas tinggi SD Negeri 11 Metro Pusat. Jenis penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 189 siswa dan sampel sebanyak 68 siswa diambil berdasarkan teknik proporsionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert yang diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation nilai koefisien korelasi r = 0,458 berapa pada taraf “cukup kuat”. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan keterampilan bertanya dan keterampilan memberi penguatan dengan hasil belajar matematika siswa kelas tinggi SD Negeri 11 Metro Pusat.

Kata kunci: keterampilan bertanya, penguatan, hasil belajar.

References

Dinda, Dhiyanira. 2017. Hubungan Keterampilan Bertanya Guru dengan Minat Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 106788 Purwodadi Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang T.A. 2016/2017. Jurnal Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Medan.

Fadhilah, Aura. 2016. Hubungan antara Persepsi Peserta Didik tentang Keterampilan Mengajar Guru dan Minat Belajar Mata Pelajaran Kearsipan Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Skripsi. Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

Firmansyah, Dani. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika, Vol, 3 no, 1 PP 34-44.

Hardiyanti, K. 2015. Penerapan Keterampilan Memberi Penguatan Guru dalam Pembelajaran di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karangsari Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hoque, Rezaul. 2013. Effect of Reinforcement on Teaching Learning Process. Diakses pada URL: http://www.iosrjournals.org/iosr-jhss/papers/Vol7-issue1/C0711316.

Imroatul, Mufidah dan H. Asmawi. 2017. Komunikasi Interpersonal dan Keterampilan Memberi Penguatan: Sebuah Analisa Korelasional terhadap Minat Belajar Siswa. Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan. 2017. Diakses pada URL: http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/palapa/article/view/2969.

Meiria Sylfia Astuti. 2015. Peningkatan Keterampilan Bertanya Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Sdn Slungkep 03 Menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Pati. Diakses pada URL: http://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/3. Diunduh pada tanggal 20 November 2018. Pukul 21.00 WIB.

Muncarno. 2017. Statistik Pendidikan. Lampung: Arthawarna (Hamim Group).

Nalole, Martianty. 2010. Kemampuan Guru Menerapkan Ketrampilan Bertanya Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SDN No. 64 Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi.

Nurul, Azmi. 2017. Hubungan Keterampilan Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Gugus 2 Sandubaya Kecamatan Cakranegara Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi.

Rini, Endang Setia. 2018. Hubungan Pemberian Penguatan dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 105292 Bandar Klippa Kecamatan Percut Sei Tuan Tahun Ajaran. 2017/2018. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Medan: Universitas Negeri Medan.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun. 2003. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20. Depdiknas. Jakarta. https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf. Diakses pada tanggal 5 Mei 2019 pukul 21:15 WIB.

Tim Penyusun. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Diakses melalui URL: http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf. Diunduh pada tanggal 16 januari 2019 pada pukul 20.35 WIB.

Wahyuni, Lisa. 2015. Hubungan Keterampilan Mengajar Guru dengan Minat Belajar siswa Kelas V SD Negeri Segugus I Kecamatan Simpur Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan Tahun Ajaran 2014/2015. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Yang, Hao. 2017. A Research on the Effective Questioning Strategies in Class. Diakses Pada URL: http://article.sciencepublishinggroup.com/pdf/10.11648.j.sjedu.20170504.16.pdf.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.