Hubungan Pemanfaatan Sumber Belajar Perpustakaan dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar

Eka Wahyuni, Darsono Darsono, Sulistiasih Sulistiasih

Abstract


The purpose of this study was to determine the significant relationship between library learning resources with learning outcomes, library learning resources with learning interest, learning interest with learning outcomes, library learning resources and learning interest together with learning outcomes. This was ex-postfacto correlation. The population was 81 students and sampling used saturated samples. The technique of collecting data uses observation, questionnaires, and documentation studies. Data analysis used product moment correlation and multiple correlation. The results of the study showed that there was a significant relationship between the use of library learning resources and learning outcomes, interest learning with learning outcomes, library learning resources and learning interest, library learning sources and learning interest together with learning outcomes of fifth grade students of SD Negeri 6 Kelapa Tujuh.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dengan hasil belajar, pemanfaatan sumber belajar perpustkaan dengan minat belajar, minat belajar dengan hasil belajar, serta pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dan minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar. Jenis penelitian ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 81 peserta didik dan pengambilan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfataan sumber belajar perpustakaan dengan hasil belajar, minat belajar dengan hasil belajar, sumber belajar perpustakaan dengan minat belajar, sumber belajar perpustakaan dan minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajarpeserta didik kelas V SDNegeri 6 Kelapa Tujuh.

Kata kunci: Sumber belajar perpustakaan, minat belajar, hasil belajar.

References


Abidin, Saenal. 2018. Hubungan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di SD Pratidina Makassar. Volume 6 Nomor 1.

Aritonang, Keke T. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Volume 1. Nomor 10.

Azizah, Muthia Ika. 2012. Hubungan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dengan Prestasi Belajar Siswa. Volume. 1 Nomor 1.

Dalyono, M. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2015. UU Sistem Pendidikan (UU RI No. 20 Tahun 2003) .Bandung: Sinar Grafika.

Karina,Rizky Meuthia. 2017. Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Pada Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Volume 2. Nomor 1.

Mardiana. 2017. Hubungan antara Minat Belajar dan Hasil Belajar PPKn Murid di SD Inpres Tello Baru I/II Kota Makassar. Volume 1 Nomor 1.

Putri, Priyanka Permata. 2013. Hubungan Antara Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dengan Minat Belajar SD Negeri 1 Bandung. Volume 1 Nomor 1.

Rahmawati, Dianti. 2015. Hubungan Pemanfaatan Perpustakaan dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 10 Jakarta. Volume. 13 Nomor 1.

Sumule, Perdi. 2012. Hubungan antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Di SD Negeri 7 Palu. Volume 1 Nomor 1.

Tasari, Putri. 2012. Hubungan Antara Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IV, V dan VI SDN 26 Kota Bengkulu.

Widiawati, Kusrini. 2017. Hubungan Pemanfaatan Sumber Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 3 Boyolali. Volume 1 Nomor 1.

Yusuf, Pawit. M. 2016. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.