Hubungan Bimbingan Belajar di Luar Sekolah dengan Hasil Belajar Matematika

Rahayu Kartikasari, Suwarjo Suwarjo, Siswantoro Siswantoro

Abstract


This research aims to determine the positive and significant correlation between tutoring activities out of the school with the mathematics learning outcomes of fifth grade students of SD Muhammadiyah Metro Pusat who take tutoring activities out of the school. This type of research is ex-postfacto correlation and the sampling method used in this study is a non-probability sampling method with a purposive sampling technique. Techniques for collecting data through observation, questionnaires, and study documentation. The results of the study of the calculation of the hypothesis test of 0.210 (with low criteria) showed there was a positive and significant correlation between tutoring activities out of the school with the results of mathematics learning in fifth grade students of SD Muhammadiyah Metro Pusat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar di luar sekolah dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Metro Pusat yang mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah. Jenis penelitian ini adalah ex-postfacto korelasi dan metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode non-probability samplingdengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner (angket), dan studi dokumentasi. Hasil penelitian perhitungan uji hipotesis sebesar 0,210 (dengan kriteria rendah) menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar di luar sekolah dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Metro Pusat.

Kata Kunci: bimbingan belajar di luar sekolah, matematika, hasil belajar

References


Amelia, Nur. 2017. Pengaruh Bimbingan Belajar di Luar Sekolah terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Inpres Batangkaluku Kabupaten Gowa. Skripsi. Makasar: Universitas Islam Negeri Alaudin Makasar.

Andayani, Nonik. 2014. Penerapan Layanan Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bagi Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar Siswa Kelas X4 SMA Negeri 1 Sukasada. Vol 2. No. 1. Jurnal.

Arsyad, Abd Wahid. 2015. Pengaruh Bimbingan Belajar di Luar Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Pada SMA Negeri 1 Bajeng).Vol 4 No 1. Jurnal.

Fiah, Rifda El. 2015. Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung. Vol 3. No. 2. Jurnal.

Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

Nurihsan, Juntika, et al. 2006. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rahmawati, Ana. 2012. Hubungan Layanan Bimbingan Belajar di Luar Sekolah dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Tinggi SDN 3 Bareng Kota Malang. Skripsi. Makasar: Universitas Islam Negeri Alaudin Makasar.

Rohmah, Firda Fazela. 2015. Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 1 Midang Kecamatan Gunung Sari Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan. http://fkipunram.rf.gd/cetakpdfku.php?nim=E1E212068&i=1.

Santoso. 2006. Bimbingan Belajar di Luar Sekolah untuk Mengatasi Kesulitan Peserta didik Memahami Operasi Hitung Kelas V SDN Tambak Aji 02 Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sisdiknas. 2011. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika.

Sularso, Pryo. 2014. Pengaruh Bimbingan Belajar di Luar Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsN Sidorejo Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015. Vol 3. No 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.