Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Suryani Suryani, Thoha B.S. Jaya, Erni Erni

Abstract

The problem in this study was the low learning  outcomes of natural science students in thematic learning at SD Al Azhar 2 Bandar Lampung city. This study  aims to determine the effect of problem based learning models to the learning outcomes of students’ natural science thematic learning. The method used in this study was quasi experiment, with non equivalent control group  design. The population in this research were all fifth gade students at Al Azhar 2 elementary school in Bandar Lampung. The techniques of data collection were observation, test and documentation. Based on the results of hypothesis testing using the product moment correlation formula and ttest, it showed that there are differences and the influence of the use of problem based learning models on the  results of learning science in the learning of fifth grade students at Al Azhar 2elementary school Bandar Lampung

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam tematik di SD Al Azhar 2 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam pembelajaran tematik. Metode penelitian ini adalah quasi eksperiment, dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik  kelas V SD Al Azhar 2 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment dan uji t dapat disimpukan bahwa terdapat perbedaan dan pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam pembelajaran tematik peserta didik kelas V SD Al Azhar 2 Bandar Lampung.

Kata kunci: Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning, pembelajaran tematik,hasil belajar IPA

References

Aini, I. M., Riswandi, R., & Sabdaningtyas, L. 2015. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. Jurnal Pedagogi. 3 (7): 3-15. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=373228&val=7239&t (diakses 13 Maret 2019)

Amir, Taufiq, M. 2013. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Darsana, et al. (2013). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam pada peserta didik kelas V SD Gugus 1 Sidemen Karangasem Surabaya. Jurnal.

Dewi, et al. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar ilmu pengetahuan alampeserta didik Kelas V Tahun Pelajaran 2013/2014 di SD 1 Yogyakarta. Jurnal.

Jaya. (2018). Metodologi Penelitian Sosial Dan Humaniora (Suatu Pendekatan Kuantitatif). Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.

Saputri. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar tematik pada peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Banjarmasin. Jurnal.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wahyuni. (2007). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Ar. Ruzz Media

Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensin (GP.PressGroup).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.