Hubungan antara Lingkungan Belajar di Sekolah Dasar dengan Prestasi Belajar Kelas Tinggi

Anas Fauzi, Riswanti Rini, Loliyana Loliyana

Abstract

The problems in this study is the low scores on student’s achievement on high grades of elementary school 3 Rajabasa Bandar Lampung. This study aims to determine the correlation between school environment towards student’s achievement. The method used in this research was quantitative research with correlational research as its research type. The population of the study was all of high grades (4, 5, and 6) of 141 students with 58 students were taken as sample. The sampling technique was done using simple random sampling. The data collection techniques were done through questionnaires and documentatition. The data analysis was carried out using serial correlation formula. The results of data analysis show that there was acorrelation between school Environment towards student’s achievement on high grades.

 

Masalah dalam penelitian ini masih rendahnya prestasi belajar siswa kelas tinggi  SD Negeri 3 Rajabasa Bandar Lampung. Tujuan penelitian mengetahui hubungan antara lingkungan belajar di sekolah dengan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan kuantitatif, jenis penelitiannya penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi (4, 5, dan 6)  yang berjumlah 141 peserta didik, dengan sampel sebanyak 58 siswa. Teknik pengambilan sampel simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan rumus korelasi serial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan antara lingkungan belajar di sekolah dengan prestasi belajar kelas tinggi.

Kata kunci: Kelas Tinggi, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Fatimah, Siti. 2013. Hubungan antara Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V di MI Ma’arif Darul Huda Sukoharjo Ngaglik Sleman. (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. (http://digilib.uinsuka.ac.id/id/eprint/9235). Diakses pada 20 Desember 2018

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Isnawati, Zuli. 2016. Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Siswa Kelas Atas SD Negeri Ngraji Tahun Ajaran 2015/2016 . (Skripsi). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sumber: (http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/42636). Diakses pada 10 Desember 2018

Latif, Syaifuddin. 2010. Perkembangan Peserta Didik. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Meilinda, Tia Nur. 2016. Hubungan antara Lingkungan Belajar di Sekolah dengan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Mulya Asri Kecamatan Tulang Bawang Tengah Tahun Ajaran 2015/2016. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung:

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nanang. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.