Hubungan Kecerdasan Emosional dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik

Dimas Gusti Winanto, Rapani Rapani, Suwarjo Suwarjo

Abstract


The purpose is was to know the correlation between emotional intelligence and learning discipline with students learning outcome. this type of research is ex-postfacto correlation. Data collection techniques are observation, questionnaire, and documentation. The population is 48 students. Based on the analysis of research data can be concluded that there is a significant and positive relationship between emotional intelligence with students learning outcomes with quith strong criteria, there is a significant and positive relationship between learning discipline students learning outcomes with low criteria, and there is a significant and positive relationship between emotional intelligence and learning discipline together with students learning outcomes with quith strong criteria.

 

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan disiplin belajar dengan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu ex-postfacto korelasi. Teknik pengumpulan data dilakukan yaitu: observasi, angket, dan dokumentasi. Populasi yang digunakan berjumlah 48 orang peserta didik.Berdasarkan analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar dengan kriteria cukup kuat, terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara disiplin belajar dengan hasil belajar dengan kriteria rendah, dan terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara kecerdasan emosional dan disiplin belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar peserta didik dengan kriteria cukup kuat.

 

Kata kunci: kecerdasan emosional, disiplin belajar, hasil belajar


References


Aslianda, Zainidar. 2017. Hubungan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 18 Banda Aceh. Vol. 2, No. 1. 236-243.

Daryanto. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter. Jakarta:Grasindo.

Ernawati. 2015. Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri di Kota Makassar. Jurnal Bionature, Vol. 16, No. 1. 17-20.

Husna, Azkia Febri. 2018.Hubungan Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar IPS Siswa. Jurnal Pedagogik. Vol. 8, No. 2. 1-11.

Karwono dan Mularsih, Heni. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Kusumawardani, Zarra Aulia. 2017. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Aktivitas Belajar dengan Prestasi Belajar IPA SD. Vol. 6, No. 7.1-9.

Lubis, Bagus Mandala. 2015. Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar (TIK) Kelas XI Di SMA PGRI 1 Padang. Vol. 3, No. 2. 1-9.

Meisyuri, Anisa Redha. 2017. Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Matematika SD. Jurnal Pedagogi. Vol. 6, No. 3. 1-10.

Moenir. 2010. Masalah-Masalah dalam Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muslikhah, Rika. 2018.Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Aktivitas Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pedagogi. Vol. 4, No. 6. 1-13.

Pratama, haris. 2015. Pengaruh Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Vol.8, No. 4. 1-12.

Rahma, Firda Widya. 2017. Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Matematika SD. Skripsi Pedagogi. Vol. 6, No. 2. 1-10.

Rezeki, Ulfah Sari. 2018. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VI di SDN 067952.

Sari, Yopita. 2017. Hubungan antara Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi. Vol. 5, No. 9. 1-10.

Savitri, Dewi Ratih. 2017. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 23 Kecamatan Pontianak Barat. Jurnal Pedagogi. Vol. 6, No. 8. 1-12.

Septiyani, Mellin. 2017. Hubungan antara Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Metro Utara Pada Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan. Jurnal Pedagogi. Vol. 6, No. 10. 1-9.

Sisdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Wizman. 2016.Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VI Sdn 050607 Balai Kasih Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.