PENERAPAN LKPD IPA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Prijna Paramita, Erni Erni, Amrina Izzatika

Abstract

The problem in this study is the low learning outcomes of natural science. The purpose of this research is to find out the difference and the effect of applying project based learning science worksheets to the learning outcomes of fifth grade students of SD Negeri 1 Gedong Air. The research method used was quasi experiment with nonequivalent control group design. This study uses nonprobability sampling with the subject of all the fifth grade students SD Negeri 1 Gedong Air which were forty-nine students. Data collection techniques using test instruments and observation sheets, data analysis using t test and simple linear regression. The results showed that there are differences in learning outcomes by applying project based learning science worksheets and by not applying project based learning science worksheets; moreover, there is an effect of applying project based learning science worksheets to the learning outcomes of fifth grade students of SD Negeri 1 Gedong Air.

 

 

Masalah dalam penelitian  ini adalah rendahnya hasil belajar IPA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan dan pengaruh penerapan LKPD IPA berbasis project based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Gedong Air. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan subjek penelitian semua peserta didik kelas V SD Negeri 1 Gedong Air yang sebanyak 49 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non-tes, analisis data menggunakan uji t dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dengan menerapkan LKPD IPA berbasis project based learning  dibandingkan tidak menerapkan LKPD IPA berbasis project based learning dan terdapat pengaruh penerapan LKPD IPA berbasis project based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Gedong Air.

 

Kata kunci: hasil belajar, LKPD IPA berbasis project based learning, penerapan.

 

References

Ango. Benedikta. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Mata Pelajaran Teknologi Infoemasi dan Komunikasi Berdasarkan Standar Isi untuk SMA Kelas X Semester Gasal. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Fajriyanti, et al. 2018.Penggunaan Media KIT Berbasis SEQIP untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Gaya. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Grahalia Indonesia.

Kemendikbud. 2016. Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. Jakarta: Kemendikbud.

_______. 2016. TIMSS Infographic. Jakarta: Kemendikbud.

Novianty, Yustina, et al. 2018. Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Pontianak: Untan Pontianak.

Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Andika Press.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

_______. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Trianto. 2012. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Bina Aksara.

Widayanti, et al. 2018. Perkembangan Lembar Kerja Praktikum Percobaan Medle Berbasis Project Based Learning. Lampung: Jurnal Pendidikan Sains Indonesia.

Wisudawati, Asih Widi, et al. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Yamin, Martinis. 2005. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.