Pengaruh Model PQ4R terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV

Silvi Vernanda, Rapani Rapani, A. Sudirman

Abstract


The purpose of the study was to know the positive and significant effects of the application of the PQ4R models on the learning rerult. The type of the research was experimental research. The research design used non-equivalent control group design. The population amounted to 45 students.The sample used purposive sampling with a total of 24 students. The data collection techniques in the form of non-test techniques and tests the data analysis techniques used statistical tests independent samples test. The results showed that there was a positive and significant effect on the preview, question, read, reflect, recite, review (PQ4R) model on the learning rerult of 0.58 students with the moderate category and tcount 2.177> ttable 2.021 (with α = 0.05).

Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model PQ4R terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 45 orang peserta didik. Sampel penelitian menggunakansampling purposive dengan jumlah 24 orang peserta didik. Teknikpengumpulan data menggunakantekniknon tesdantes.Teknikanalisis data  menggunakan uji statistik independet sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model preview, question, read, reflect, recite, review (PQ4R) terhadap hasil belajar peserta didik 0,58 dengan kategori sedang dan  thitung  2,177 > ttabel 2,021 (dengan α = 0,05).


Kata kunci: Model PQ4R, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Ardiana, Rizqi. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran PQ4R Berbantu Media Flipcart Terhadap Kemampuan Menemukan Pokok Pikiran Paragraf Siswa Kelas IV. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/SD2018/SSND2018/paper/viewFile/2533/2537. Diakses 3 April 2019 pukul 08.30 WIB.

Indrawati, Tuti. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, And Review (PQ4R)Terhadap Kemampuan Membaca. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/3808. Diakses 4 April 2019 pukul 19.00 WIB.

Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Kontekstual (Konsep dan Aplikasi). Bandung. PT Refika Aditama. 336 hlm

Mubin, Fathuh.2013.Penerapan Strategi Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas V SD Negeri Karang dawa Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang. http://eprints.ums.ac.id/2648/12/02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf.Diakses 7 November 2018 pukul 20.30 WIB.

Rahayu, Amalia, Risma. 2017. Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Siswa Sekolah Dasar. file:///C:/Users/Toshiba/Downloads/14068-29581-1-SM.pdf. Diakses 3 April 2019 pukul 08.30 WIB

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana. 375 hlm

Yanti, Fitri Yulia.2015 Penggunaan Model Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Terhadap Aktivitas Dan Penguasaan Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Bakung. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/7908. Diakses 7 November 2018 pukul 20.30 WIB.

Yasa.2012.Pengaruh Strategi Belajar Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas IV SD di Gugus 1 Tegallang Kecamatan Tegallang. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=304139&val=1342&. Diakses 7 Novemeber 2018 pukul 20.35 WIB.

Yulianti, Eva. 2012. Penerapan Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD. https://www.google.com/search?q=JURNAL+PENERAPAN+METODE+PQ4R(PREVIEW%2C+QUESTION%2C+READ%2C+REFLECT%2C+RECITE%2C+REVIEW+). Diakses 4 April 2019 pukul 20.00 WIB.

Yuniardi, Nurma. 2013. Penerapan Strategi PQ4R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitianpgsd/article/view/2983. Diakses 4 April 2019 pukul 19.30 WIB.




DOI: https://doi.org/10.23960/pedagogi.v7i5.18473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.