PENGARUH STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V

Restu Adi Santoso, Supriyadi Supriyadi, Yulina H.

Abstract


The purpose of this study is to determine the effect of cooperative learning model Student Team Achievement Division (STAD) to the civics learning result. This research method is the non equivalent control group design with the type of experimental research. The population in this study was 43 students at fifth grade. The research sample was determined by purpousive sampling and saturated samples. Technique of collecting data is done by test. Data analysis techniques are quantitative data. The result of the research shows that the average value of posttest in the experimental class is higher than the control class, which means that there is an increase of students' civics learning outcomes. Based on hypothesis testing using independent sample t-test formula obtained tcount> ttable (3,675> 2.021) means Ha accepted. It can be concluded that there is a significant influence on STAD type cooperative learning model toward civics learning result of fifth grade students.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar PKn. Metode penelitian ini adalah non equivalent control group design dengan jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 43 orang siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan purpousive sampling dan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Teknik analisis data berupa data kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, artinya terdapat peningkatan hasil belajar PKn siswa. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test diperoleh data thitung > ttabel (3,675>2,021) berarti Ha diterima. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar PKn.

 

Kata kunci: Hasil belajar PKn, Student Team Achievement Division.


References


Hamdayana, Jumanta. 2015. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter, Bogor. Ghalia Indonesia.

Kemendikbud. 2006. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.

Muharom, Tria. 2014. Pengaruh Pem-belajaran Dengan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Ke-mampuan Penalaran Dan Ko-munikasi Matematik Peserta Didik Di SMK Negeri Manonjaya Ka-bupaten Tasikmalaya. Diakses di https://www.goo-gle.com/search?q= skripsi+pengar-uh + penerapan + model + pembelajaran + kooperatif + tipe + STAD. (diakses pada 25 Januari 2019, pukul 12.00).

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Nugroho, Okay Wasrik Dwi. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STSD Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mata pelajaran IPS pada Siswa Kelas V SD N Karang Duren. Universitas Negeri Yog-yakarta, Yoyakarta. (di akses pada 20 januari 2019, pukul 17.32 WIB).

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran., Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Septyani, Dwi Anita Alfiani Sri. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Diakses di https:// www. google. com/ search ? q = skripsi+ pengaruh + penerapan + model + pembelajaran + ko-operatif +tipe+STAD+DI+SD. (di akses pada 15 Januari 2019, pukul 09.00 WIB).

Sisdiknas. 2014. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.Sinar Grafika.

Slavin, Robert. 2005. Cooperative Learning. Bandung. Nusa Media.

Sugiyono. 2014. Metode dan Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitaif, kualitatif. Bandung. Alfabeta.

Sunilawati, Ni Made. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Ke-mampuan Numerik Siswa Kelas IV SD. Diakses di https:// www.google.com/search?q=skripsi+pengaruh+penerapan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+STAD+DI+SD. (diakses pada 25 Januari 2019, pukul 12.05 WIB).

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta. Pustaka pelajar.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadia Media.

Takwim, Mukhlis. 2011. Probermatika dan Tantangan Pembelajaran PKn di Sekolah Diakses di http:// tanjung pelayar. blogspot. co. id /2011 / 04/ problem-dan-tantangan-pem-belajaran-pkn.html. (diakses pada tanggal 8 Februari 2019 pukul 20.00 WIB).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.