Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe TSTS Media IT terhadap Hasil Belajar Siswa

Ayu Erwilani, Sarengat Sarengat, Yulina H.

Abstract


The purpose of this research was to determine the positive and significant influence on cooperative learning models type two stay two stray with Informaton and Technology (IT) media on students' thematic learning outcomes. This type of research is experimental research with a non equivalent group design. The data collection techniques were done by tests and non-tests. Data analysis techniques used independent sample t-test. The results showed that there was a positive and significant influence on cooperative learning models of type two stay two stray with IT media on thematic learning outcomes, with the results of tcount = 4.383> t table = 1,679 and for t table (α = 0.05).

 

Tujuan Penelitian untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada model cooperative learning tipe two stay two stray dengan media Informaton and Technology (IT)  terhadap hasil belajar tematik siswa. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain non equivalent grup design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model cooperative learning tipe two stay two stray dengan media IT terhadap hasil belajar tematik, dengan hasil thitung = 4,383 > ttabel = 1,679 dan untuk ttabel (α = 0,05).

 

Kata kunci: hasil belajar tematik, two stay two stray, media IT


References


Maryam. (2013). Evaluating the Learning Outcomes of International Students as Educational Tourist. Journal of Business Studies Quarterly. Volume 5. Nomor 2. Hlm. 130-140. Diakses pada URL

http://www.jbsq.org/wpcontent/uploads/2013/12/December_2013_9.pdf. Pada tanggal 1 Mei 2019 pukul 19.34 WIB.

Erma, Venni. (2016). The Effect of Model Cooperative Learning of Learning Outcomes Student Course on Animal Ecology Based on Learning Styles. International Journal of Progressive Sciences and Technologies. Voulme 6. Nomor 2. Hlm 533-538. Diakses pada URL

ijpsat.ijshtjournals.org/index.php/ijpsat/ article/download/273/162. Pada tanggal 2 Mei 2019 pukul 20.38 WIB.

Fathurrohman, Muhammad. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta. 239 hlm.

Gunasah, Ganesh. (2018). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Dan Rasa Keingintahuan Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 5. Nomor 2. Hlm 83-93. Diakses pada URL https://unida.ac.id/ojs/jtdik/art icle/view/1103/pdf. Pada tanggal 4 Februari 2019 pukul 13.45 WIB.

Huda, Miftahul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar. 309 hlm.

Ismawati. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerja Sama Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Sdn Kencana Indah Ii. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 1. Nomor 2. Hlm 219-230. Diakses pada URL http://jurnalstkipsubang.ac.id/ index.php/jurnal/article/view/30/0. Pada tanggal 24 Desember 2018 pukul 10.03 WIB

Komang. (2017). Pengaruh Model Cooperative Learning) tipe TSTS terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat. Volume 6. Nomor 1. Hlm 114. Diakses pada URL http://ojs.unm.ac.id/sainsmat/ article/view/6451/3684. Pada tanggal 16 Desember 2018 pukul 11.24 WIB.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. PT Remaja Rosdakarya. Bandung. 295 hlm

Nurchaili. (2016). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Proses Pembelajaran Volume 8. Nomor 1. Hlm 47-53. Diakses pada URL http://iosrjournals.org/iosrjrme/papers/Vol-8%20Issue1/Version-3/I0801034753.pdf. Pada tanggal 1 Mei 2019 pukul 20.00 WIB.

Oetpah, Fincencius. 2016. Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Proses Pembelajaran di SD Negeri Kota Baru Kefamenanu, Timor Tengah Utara. http://download.portalgaruda. org/article.php? article=328159&val= 7239&title=PENGARUH%20PENGGUNAAN

%20TEKNOLOGI%20INFORMASI%20DAN %20KOMUNIKASI%20SEBAGAI%20MEDIA %20PEMBELAJARAN.pdf. Diakses pada tanggal 12 November 2018 pukul 19.00 WIB.

Putu, Niluh. (2017). Penerapan Model Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Pelestarian Sumber Daya Alam Indonesia. Jurnal Pendidikan. Volume 4. Nomor 1. Hlm 163-185. Diakses pada URL http:// jurnalstkipsubang.ac.id/index.php/jurnal/article/down load/97/pdf. Pada tanggal 17 Januari 2019 pukul 21.12 WIB.

Sudjana, Nana. 2012. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo. Bandung 286 hlm.

Syamsiyah, Siti. (2018). The Effect of Cooperativ Learning Model and Creative Thinking Ability on Students Learning Outcomes. Journal of Science and Education. Volume 2. Nomor 2. Hlm. 168-173. Diakses pada URL http://jurnal.untidar.ac.id/inde x.php/ijose/article/view/584/6 73. Pada tanggal 2 Februari 2019 pukul 09.26 WIB.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta. 334 hlm.

Tim Penyusun. (2013). Undangundang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Yutarsih. 2017. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Kelas IV SDN

Palaspasemah Kecamatan Palas Lampung Selatan. http://digilib.unila.ac.id/32052/19/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf. Diakses pada tanggal 13 November 2018 pukul 20.30 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.