Pengaruh Model Discovery Learning Menggunakan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar

Afif Nuryani, Sarengat Sarengat, Siswantoro Siswantoro

Abstract

The purpose of the research was to know the positive and significant effects on the application of the discovery learning model with Audiovisual Media to learning outcomes. This type of research is experimental research. The research design used non-equivalent control group design. Instruments in this research, test and non test were used as the instrument research used test and non-test. The data analysis technique used independent statistical test sample t-test. The results showed that there was a positive and significant effect on the application of the discovery learning model with audiovisual media to learning outcomes with n-gain 0,58.

 

Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model discovery learning menggunakan media audiovisual terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik independet sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model discovery learning menggunakan media audiovisual terhadap hasil belajar dengan n-gain 0,58.

 

Kata kunci: audiovisual, discovery learning, hasil belajar

References

Arifin, Zainal. (2013). Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Berbasis Media Realita terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal FKIP UNS. Vol. 1 No. 2. 1-6.

Asgari, Maryam. (2013). Evaluating the Learning Outcomes of International Students as Educational Tourist. Malaysia. Journal of Business Studies Quarterly. Vol. 5. No. 2. 2152-1034.

Fathurrohman dan Sobry Sutikno. (2010). Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama.

Fitri, Mariza. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor. Jurnal Inpafi Vol. 3, No. 2 hal 89-96.

Hanafiah dan Suhana, Cucu. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Cetakan Ke-2. Bandung: Refika Aditama.

Hastuti, Ari. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas II Sdn Bantargebang II Kota Bekasi. Jurnal FKIP Universitas Islam “45” Bekasi. Vol 2 No.2 33-38.

Kristin, Firosalia dan Rahayu, Dwi. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Dicsovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Scholaria. Vol. 6, No. 1 84 – 92.

Putrayasa, Ni Made. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol 2 No. 1 hal 1-11.

Putri, Ihdi Shabrona. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 6, No.2 hal 91-94.

Sumarniti, Ni Nym. (2014). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa kelas V Di SD Gugus VII Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol 2 No. 1 hal 1-11.

Tim Penyusun. (2013). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.