Pengaruh Media Berbasis IT terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik

Herlina Candra Ayuningtyas, Muncarno Muncarno, Sarengat Sarengat

Abstract


The purpose of study was determine the positive and significant effect of use IT based media usage activity and study result theme 3 sub-theme 6 in the fourth grade students. The reaserch design used was non-equivalent control group design. The study population was 40 students. The study sample was determined by using non probability sampling with 20 students. The study instruments used were observation sheet and test. The calculation of  hypothesis testing used Analilis of Variance (ANOVA) two direction (two-way analysis of variance). The result showed Fhitung  10.69 > Ftabel 3.98 (with α = 0.05) can be concluded there is appositive and significant based IT media to activity and study result fourth grade student at the primary school.

 

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan media berbasis IT terhadap aktivitas dan hasil belajar tema 6 subtema 3 kelas IV SD Negeri 3 Way Galih. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 40 peserta didik. Sampel penelitian ditentukan menggunakan  nonprobality sampling dengan jumlah 20 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan lembar observasi dan soal tes. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan rumus uji  Analisis of Varianve (ANOVA) dua arah (two-way analysis of varian). Hasil penelitian menunjukkan Fhitung  10,69 > Ftabel 3,98 (dengan α = 0,05) dapat disimpulkan bahwa terdapat pengarh media berbasis IT terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas IV SD.

 

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, media IT


References


Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Fajrin, Muhammad. (2013). Pengaruh Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Motivasi. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 13, No. 2. Diambil dari http://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/3424

I Km. Wahyu Kariesma. (2014). Pengarh Model Pembelajaran CIRC Bermedia Powerpoint terhadap Keterampilan Membaca Pada Bahasa Indonesia Kelas IV SD Gugus I Kuta Badung. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol.2 No.1. Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/1913/1662

Jatmiko, Prayoga Dwi. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA kelas IV. Junal Kajian Teknologi Indonesia. Vol 1, No. 2. Diambil dari http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1803

Kuncahyono. (2017). Analisis Penerapan Media Berbasis Komputer Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. Vol 5, No. 2. Diambil dari file:///C:/Users/USER/Downloads/Documents/Kuncahyono%20-%20Computer-Based%20Media%20Learning%20Integrated%20Thematic.pdf

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Muslimin, Muhammad Ikhwanul. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi terhadap Hasil Belajar Kelas II SD. Kognitif. Universitas Negeri Yogyakarta.Vol IV, No. 1. Diambil dari file:///C:/Users/USER/Downloads/Documents/6106-13380-1-SM.pdf

Nurchaili. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TI dalam Proses Pembelajaran Kimia terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnaldikbud. Diambil dari file:///C:/Users/USER/Downloads/493-1652-1-PB%20(5).pdf

Nurdyansyah. (2016). Developing ICT-Based Learning Model to Improve Learning Outcomes IPA of SD Fish Maket in Sidoarjo . Jurnal TEKPEN. Vol 1. No.2. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jtp/article/view/1137

Purwono, Joni. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual pada mata pelajaran IPA di SMP 1 Pacitan. Jurnal TEKPEN. Vol 2. No. 2. Diambil dari https://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tp/article/view/3659/0

Reza, Dela Way. (2015). Pengaruh Multimedia Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Universitas Negeri Yogyakarta.Vol 1, No. 1. Diambil dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpmi/article/download/10804/9697

Soimah, Ika. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer terhadap Hasil Belajar. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Vol 5, No. 1. Diambil dari file:///C:/Users/USER/Downloads/Documents/2559-3791-1-SM.pdf

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.