Pengaruh Model Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing terhadap Hasil Belajar
Abstract
The purpose of the research was to find out the positive and significant effects on the application of the cooperative learning model talking chips type towards the learning outcomes. This type of research is experimental research. The research design used is non-equivalent control group design. The study population is up to 45 students. The sample was determined by using purposive sampling with 23 students. The instrument used is test. The data analysis used is independent statistical sample t-test. The results showed that there was a positive and significant effect on the application of the cooperative learning model talking chips type to learning outcomes with n-gain 0.54 included in the medium category indicated tcount 2.230>ttable= 2.021 (with α = 0.05).
Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 45 peserta didik. Sampel penelitian ditentukan menggunakan sampling purposive dengan jumlah 23 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan soal tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik independet sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing terhadap hasil belajar dengan N-Gain 0,54 yang termasuk dalam kategori sedang ditunjukkan dengan thitung 2,230 > ttabel 2,021 (dengan α = 0,05).
Kata kunci: pembelajaran kooperatif, kancing gemerincing, hasil belajar
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anita, Lie. (2010). Cooperative Learning (Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Terbuka). Jakarta: Grasindo. 104 hlm.
Ari. (2014). Pengaruh Cooperative Learning Teknik Kancing Gemerincing terhadap Hasil Belajar Pkn Kelas V Sekolah Dasar. Diakses pada URL http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5884. Pada tanggal 29 Maret 2019.
Bhakti, Kurnia. (2013). Penerapan Metode Struktural Teknik Kancing Gemerincing dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Bagi Siswa Kelas VI SDN 2 Banyuurip Klego Tahun Ajaran 2012/2013. Diakses pada URL https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLS/article/download/5914/8634. Pada 29 Maret 2019.
Dewi, Yuliana Wati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. Vol:10 No: 2 Tahun: 2017. Diakses pada URL https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/viewFile/12207/7752. Pada tanggal 29 Maret 2019
Erika, Dini. (2018). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Kancing Gemerincing terhadap Hasil Belajar Siswa Pembelajaran IPS di SD. Tasik Malaya.Vol.5, No. 1 (2018) 140-152. Diakses pada URL http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/download/7270/600. Pada tanggal 01 November 2018.
Hermawanti, Yuli. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD N 15 Pinggir. Diakses pada URL http://repository.fkip.unja.ac.id/search/kategori/Skripsi.html. Pada tanggal 29 Maret 2019.
Pardiani, Luh Gd. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Teknik Talking Chips terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD di Gugus 1 Pupuan. Diakses pada URL http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/4979/7/T1_202010043_Daftar%20Pustaka.pdf. Pada Tanggal 29 Maret 2019.
Sadrun, Muhammad. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Vdi SD N 6 Ampenan Tahun Ajaran 2016 / 2017. Diakses pada URL http://fkipunram.rf.gd/ifkip3.php?nim=E1E212151. Pada 1 April 2019.
Satriani, Ni Nym. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Chips Berbasis Lesson Study terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Vol 1 No 1 2018 P. ISSN: 2615-6148 E-ISSN: 2615-7330. Diakses pada URL https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/download/14617/8934. Pada 29 Maret 2019.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D ). Bandung: Alfabeta. 380 hlm.
Susanti, Susi. (2015). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik di SD. Diakses pada URL http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/5701/6496. Pada 1 April 2019.
Tim penyusun. (2013). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Wahab. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Talking Chips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Matla’ul Anwar. Diakses pada URL http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/25354/1/Skripsi%20Wahab%20Watermark.pdf. Pada tanggal 29 Maret 2019
Wibawa, Luh Putu Ayu. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Talking Chips terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Denpasar. Vol. 4, No. 1 (2016). Diakses pada URL https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/7429/5072. Diakses pada tanggal 01 November 2018.
Yanda, Arif Budi. (2013). Pengaruh Peggunaan Teknik Talking Chip Terhadap Hasil Belajar Siswa. Vol 1 April (2013), 97-103. Diakses pada URL http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/download/497/286. Pada 29 Maret 2019.
Refbacks
- There are currently no refbacks.