Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Tematik

Nindy Sylviani, Sarengat Sarengat, Sulistiasih Sulistiasih

Abstract

The purpose in this research was to find out significant influence of applying contextual teaching and learning (CTL) towards thematic learning outcomes. The methods of this research was experimental research with nonequivalent control group design. The population of this was 236 students. Determination of research sample was done by using nonprobability sampling technique. Based on nonprobability sampling technique, the sample of this research was 67 students. Data were collected by test and nontest technique. The result of this research showed that average N-Gain for experimental class was 0.75 and control class was 0.37. The t-test result showed that tcount > ttable (5.910 > 2.000), Ha was accepted. It means that there was a significant influence of contextual teaching and learning towards student learning outcomes.

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kontekstual (CTL) terhadap hasil belajar tematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu 236 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik nonprobability sampling. Berdasarkan teknik nonprobability sampling, sampel penelitian ini berjumlah 67 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0.75 dan kelas kontrol sebesar 0.37. Hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel (5.910 > 2.000), Ha dinyatakan diterima. Hal tersebut berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar peserta didik.

 

Kata kunci: model pembelajaran kontekstual, hasil belajar tematik

References

Aini, Qurrotul. 2018. Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, Tahun 27 Nomor 2.

Erlisnawati. 2013. Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 99 Pekanbaru. Primary Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Riau. Vol 2. No 2.

Hasibuan, Idrus. 2014. Model Pem-belajaran CTL (Contextual Teaching And Learning). Loga-ritma Vol II. No 01. Sumatera Utara.

Kistian, Agus. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik. Vol 5. No 2.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosda karya.

Nilasari, Efi. 2016. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. Vol 1. No 7.

Priyono, Sabar. 2016. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Karangjati. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 9 ke-5.

Putrianasari, Desi. 2015. Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Cukil 01 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Scholaria. Vol 5. No 1.

Sa’ud, Udin Syaefudin. 2010. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suardita. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual ter-hadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 1 Melaya. e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 2. No 1.

Tim Penyusun. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tim Penyusun. 2013. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ulya, Iik Faiqotul. 2016. Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah: Vol 1. No 1.

Urohmah. 2017. Pengaruh Model Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Aktivitas Ekonomi. Pedadidaktika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 4. No 1.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.